Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Cara Mempercepat Koneksi WiFi di HP Android dan iPhone dengan Mudah

Kompas.com - 26/12/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu untuk mengetahui cara mempercepat koneksi WiFi di HP (handphone). Pasalnya, dalam kondisi tertentu, koneksi WiFi di HP bisa lemot atau bahkan tidak bisa sama sekali, sehingga sulit untuk mengakses internet.

Kondisi WiFi lemot di HP dapat merepotkan pengguna, terutama ketika pengguna ingin mengakses internet, tetapi koneksinya yang tersedia hanya jaringan WiFi dari router. Alhasil, saat masalah terjadi, pengguna kesulitan buat mengakses internet.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Tersambung padahal Password Benar

Koneksi WiFi lemot di HP merupakan salah satu masalah yang umum terjadi. Namun, tak usah khawatir karena terdapat cara mempercepat koneksi WiFi di HP. Lantas, bagaimana cara mempercepat koneksi WiFi di HP?

Penyebab WiFi lemot di HP

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya memahami dulu penyebab WiFi lemot di HP. Ada beberapa penyebab WiFi lemot di HP. Salah satunya yang umum terjadi adalah posisi HP terlampau jauh dengan perangkat router.

Dengan demikian, HP jadi tidak dapat menangkap sinyal WiFi dari router secara optimal, sehingga koneksi internetnya lemot. Kemudian, penyebab WiFi lemot di HP adalah terdapat gangguan pada sistem HP.

Selain itu, penyebab WIFi lemot di HP juga bisa data dari adanya gangguan pada perangkat router yang digunakan. Itulah beberapa penyebab WiFi lemot di HP. Gangguan yang menyebabkan WiFi lemot di HP itu sejatinya bisa diatasi secara mandiri.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mempercepat koneksi WiFi di HP, baik untuk HP Android maupun iPhone.

Cara mempercepat koneksi WiFi di HP

Cara mempercepat koneksi WiFi di HP Android dan iPhone yang tengah lemot itu cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mempercepat koneksi WiFi, baik di HP Android maupun iPhone.

Misalnya, pengguna bisa memindahkan router yang memancarkan koneksi WiFi ke tempat yang terjangkau semua perangkat. Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang kiranya tidak terlalu penuh, sehingga koneksi internet minim gangguan.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa cara mempercepat koneksi WiFi di HP Android dan iPhone adalah sebagai berikut.

1. Letakkan router dengan benar

Cara mempercepat koneksi WiFi di HP Android dan iPhone yang pertama adalah dengan meletakkan perangkat router secara tepat.

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di HP.

Oleh karena itu, supaya koneksi WiFi cepat, pengguna perlu memosisikan router dengan baik. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com