Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ponsel Lawas Xiaomi Ini Dapat Update HyperOS

Kompas.com - 28/04/2024, 19:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ITHome

KOMPAS.com - Tiga ponsel lawas Xiaomi yang masuk ke dalam lini Mi 10 Series, yaitu Mi 10, Mi 10 Pro, dan Mi 10 Ultra resmi mendapatkan pembaruan (update) tampilan antarmuka (UI) terbaru Xiaomi HyperOS pekan ini. 

Menurut berbagai laporan di internet, termasuk media berita teknologi asal China ITHome, pembaruan HyperOS untuk Mi 10 dan Mi 10 Pro memiliki nomor update 1.0.3.0.TJACNXM, sedangkan pembaruan HyperOS di Mi 10 Ultra memiliki nomor update 1.0.2.0.TJJCNXM.

Di Mi 10, update HyperOS memiliki besar 4,1 GB, sedangkan di Mi 10 Pro dan Ultra ukurannya adalah 4,2 GB. 

Dalam pembaruan ini, Mi 10 mendapatkan pembaruan keamanan alias security patch terbaru untuk bulan Maret 2024, serta sejumlah fitur baru dan optimalisasi animasi, tampilan, dan sistem yang menyertai HyperOS.

Baca juga: Daftar HP dan Tablet Xiaomi yang Kebagian HyperOS mulai April Ini

Meski mendapatkan pembaruan, penting untuk dicatat bahwa update HyperOS di Mi 10 Series dipadukan dengan sistem operasi (OS) Android 13. Di berbagai ponsel terbaru Xiaomi, update HyperOS biasanya dikombinasikan dengan OS Android 14.

Hal ini bisa dibilang cukup wajar, lantaran Mi 10 Series merupakan ponsel Xiaomi yang diluncurkan sekitar empat tahun lalu, tepatnya pada 13 Februari 2020 jika mengacu peluncuran perdananya di China.

Ketika diperkenalkan, Mi 10 Series hadir dengan Android 10, dan Xiaomi menyebut ponsel flagship-nya itu akan mendapatkan jaminan pembaruan OS Android selama tiga generasi.

Dengan kata lain, versi Android di Mi 10, Mi 10 Pro, dan Mi 10 Ultra hanya akan mentok di Android 13. Hal ini yang mungkin menjadi alasan mengapa Xiaomi tetap memperbarui Mi 10 Series dengan HyperOS, namun dengan Android 13. 

Perlu dicatat bahwa pembaruan HyperOS di Mi 10 Series ini tampaknya baru tersedia bagi pengguna di wilayah China. Belum diketahui apakah update HyperOS di ponsel lawas Xiaomi tersebut akan menyambangi negara lain atau tidak.

Baca juga: HP Lawas Xiaomi Mi 10 Series Kebagian Update HyperOS

Namun yang jelas, Mi 10 Series dirilis secara global dan dipasarkan di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Di Tanah Air, Xiaomi hanya menjual satu model Mi 10 Series saja, yaitu Mi 10. Belum bisa dipastikan apakah Mi 10 versi Indonesia akan mendapatkan HyperOS atau tidak. Pengguna bisa mengecek secara berkala pembaruan tersebut melalui menu pengaturan (Settings).

Saat ini, update HyperOS untuk Mi 10 Series sendiri masih digelontorkan secara bertahap kepada para penggunanya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ITHome, Minggu (28/4/2024).

Artinya, ada baiknya pengguna Mi 10, Mi 10 Pro, atau Mi 10 Ultra, baik itu di pasar global maupun Indonesia, sabar menanti apabila update HyperOS belum bisa ditemui di laman pembaruan ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com