Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Lawas Xiaomi Mi 10 Series Kebagian Update HyperOS

Kompas.com - 28/03/2024, 13:02 WIB
Lely Maulida,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi memperluas dukungan HyperOS ke lebih banyak perangkat. Smartphone lawas Xiaomi Mi 10 Series juga dipastikan mendapat update HyperOS.

Hal tersebut diumumkan oleh Direktur Departemen Mobile System Software Xiaomi, Zhang Guoquan. Menurut Guoquan update HyperOS untuk Mi 10 Series akan tersedia pada bulan April mendatang.

Eksekutif Xiaomi itu tak merinci lebih lanjut, termasuk soal tanggal ketersediaannya. Namun biasanya pembaruan sistem semacam HyperOS hadir lebih dulu dalam versi beta untuk sejumlah pengguna.

Fitur HyperOS yang bakal hadir di Mi 10 series juga belum dijabarkan. Jadi, belum diketahui apakah Mi 10 series kebagian semua fitur HyperOS atau sebagian dibatasi, mengingat smartphone ini tergolong lawas.

Baca juga: Xiaomi Indonesia Pastikan Redmi Note 13 Series Kebagian HyperOS, Kapan?

Xiaomi Mi 10 Series diluncurkan pertama kali pada 13 Februari 2020 di China. Smartphone ini hadir dalam tiga model, meliputi Mi 10 "reguler", Mi 10 Pro dan Mi 10 Ultra.

Tiga bulan berselang, smartphone ini kemudian diboyong oleh Xiaomi ke Tanah Air pada 8 Mei 2020. Namun Xiaomi Indonesia hanya membawa satu model saja, yakni model reguler Mi 10.

Saat dirilis, Mi 10 series menjalankan sistem operasi Android 10. Namun, Xiaomi menjanjikan pembaruan sampai tiga generasi Android. Sekarang, smartphone ini menggunakan OS Android 13 yang dilapisi MIUI 14 setelah mendapat pembaruan pada tahun lalu.

Mulai bulan depan, perangkat tersebut akan kebagian update antarmuka HyperOS, mengingat HyperOS untuk perangkat lawas berbasis Android 13, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (27/3/2024).

Belum dapat dipastikan pengguna Xiaomi Mi 10 Series  di wilayah mana saja yang kebagian update HyperOS tahap awal. Kita nantikan saja.

Spesifikasi dan harga Xiaomi Mi 10 di Indonesia

Xiaomi Mi 10 dirilis di Indonesia pada 8 Mei 2020 secara online. Suksesor dari Mi 9 tersebut mengusung spesifikasi tinggi saat itu.

Mi 10, ditenagai chip Snapdragon 865 berikut RAM LPDDR5 8 GB, storage UFS 3.0 256 GB, serta baterai berkapasitas 4.780 mAh yang sudah mendukung fast charging dengan daya 30 watt.

Pada aspek desain, layar Mi 10 dilengkapi panel Super AMOLED 6,67 inci yang melengkung (curved) di sisi kanan dan kiri. Layarnya didukung resolusi Full HD Plus hingga refresh rate sampai 90 Hz.

Baca juga: Xiaomi Umumkan Daftar Terbaru Perangkat yang Kebagian HyperOS, Ada Redmi Pad SE

Untuk kameranya kamera, Xiaomi Mi 10 dibekali empat buah kamera yang terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera 3D Time-of-Flight (ToF) 2 MP.

Fitur pendukung lainnya mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah disematkan di bawah permukaan layar, serta fitur konektivitas NFC untuk kemudahan pembayaran digital.

Di Tanah Air, Mi 10 hadir dalam dua varian warna, yakni Twilight Grey dan Coral Green. Harganya saat dirilis dipatok di angka Rp 10 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com