Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subscene Ditutup, Situs Download Subtitle Film yang Melegenda

Kompas.com - 06/05/2024, 11:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechWorm

KOMPAS.com - Subscene, situs dan forum online untuk download subtitle film gratis resmi ditutup pada Jumat (3/5/2024). Situs ini sudah lama dikenal sebagai sumber download subtitle film dan serial TV.

Pengumuman penutupan Subscene dibuat oleh pengguna dengan username that_thing dalam postingan forum berjudul “Subscene is closing - so sorry”.

"Hai semuanya, dengan menyesal saya laporkan bahwa situs ini akan ditutup dalam 24 jam ke depan. Rencana pengambilalihan tidak mungkin dilakukan. Terima kasih semuanya telah berpartisipasi dalam komunitas terbuka ini! Jaga diri!," tulis @that_thing di forum Subscene pada Sabtu (4/5/2024).

Platform ini dikenal luas sebagai sumber terpercaya untuk download subtitle film buatan penggemar, baik untuk acara TV maupun film populer. Subtitle yang disajikan beragam mulai bahasa Inggris, Arab, Denmark, Perancis, Swedia, Malaysia, hingga bahasa Persia.

Setelah ditutup, pengguna tidak bisa mengunduh subtitle dari situs tersebut. Aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan database Subscene untuk layanan subtitle di layanan mereka juga jadi kehilangan fitur ini.

Baca juga: Cara Tambahkan Subtitle Video Konten di TikTok

Banyak aplikasi pihak ketiga di perangkat seperti TV, tablet, dan ponsel memungkinkan Anda menggunakan subtitle dari Subscene. Hal ini tidak mungkin dilakukan lagi, karena Subscene mengandalkan pencarian situs web untuk menemukan dan memuat file subtitle.

Pengumuman Subscene ditutup.Subscene Pengumuman Subscene ditutup.
Disayangkan pengguna

Menurut laporan TechWorm, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (6/5/2024), Subscene ditutup karena situs web ini belum menghasilkan cukup uang dalam beberapa waktu terakhir.

Hal ini karena semakin sedikit orang yang mengunjunginya, dan biaya pemeliharaannya menjadi terlalu mahal.

Baca juga: Cara Menambahkan Subtitle di Video YouTube untuk Semua Bahasa

Sebelum pengumuman tersebut, tidak ada indikasi akan terjadinya penutupan. Makanya, penutupan Subscene yang tiba-tiba ini pun membuat penggunanya terkejut.

Pengumuman penutupan Subscene ini memicu beragam tanggapan dari pengguna situs, terutama pengguna yang berkontribusi membuat subtitle.

Banyak pengguna yang mengungkapkan kemarahan dan keprihatinannya atas hilangnya subtitle yang mereka sumbangkan selama bertahun-tahun. Uneg-uneg itu ditumpahkan di forum online Reddit.

Beberapa pengguna meminta akses kepada pengelola forum untuk untuk mengunduh semua data dan subtitle sebelum penutupan situs. Namun, yang disayangkan pengguna, permintaan itu tidak digubris oleh pengelola forum.

Beberapa pengguna bahkan menyarankan untuk mengambil alih situs web tersebut dan melanjutkan pengoperasian Subscene.

Beberapa pengguna juga menyarankan untuk membuat profil di platform donasi untuk mendanai situs tersebut. Namun, semua hal ini tidak ditanggapi pengelola Subscene.

Situs cadangan

Meski situs sudah ditutup dan tak bisa diakses, beberapa pengguna berhasil membuat cadangan situs Subscene.

Pengguna dapat membaca lebih lanjut tentang hal ini di halaman GitHub berikut ini. Atau pengguna juga bisa mengakses Subscene lewat situs web archive berikut ini.

Beberapa pengguna di r/DataHoarder Reddit juga berhasil mencadangkan seluruh database berukuran 90 GB dari situs Subscene.

Pengguna bisa menggunakan alternatif lain yang tersedia, termasuk situs seperti OpenSubtitles, Addic7ed, dan banyak lagi, yang menawarkan layanan serupa bagi pengguna yang mencari subtitle untuk film dan serial TV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com