Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Konser NCT Dream di Jakarta dalam Bidikan Samsung Galaxy S24 Ultra

Kompas.com - 24/05/2024, 17:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - NCT Dream, boyband kenamaan asal Korea Selatan yang merupakan sub-unit dari grup NCT, menggelar konser “THE DREAM SHOW 3 - DREAM( )SCAPE” yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (18/5/2024).

Tim KompasTekno yang menyaksikan langsung konser tersebut di GBK, membawa "HP Konser" Samsung Galaxy S24 Ultra. Ini adalah kesekian kalinya kami membawa Samsung S24 Ultra untuk mengabadikan momen konser.

Sejauh ini, kami sudah membawanya mendokumentasikan konser Coldplay dan Taylor Swift di Singapura, Ed Sheeran di JIS Jakarta, dan Bruno Mars di Bangkok.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Ultra Bikin Nonton Konser NCT Dream dari Tribune Jauh Serasa di VIP

Gambaran asli posisi duduk kami yang berada di CAT 2 baris paling belakang. Walau terlihat cukup jauh, kamera zoom Samsung S24 Ultra sangat membantu kami melihat penampilan NCT Dream dari dekatKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Gambaran asli posisi duduk kami yang berada di CAT 2 baris paling belakang. Walau terlihat cukup jauh, kamera zoom Samsung S24 Ultra sangat membantu kami melihat penampilan NCT Dream dari dekat

Kami duduk di CAT 2, baris paling belakang, atau tepatnya row 43 bernomor 110. Lokasi ini berada di wilayah pintu Door 22, Plaza Timur GBK, dekat area tribune Timur. Jadi, jarak antara panggung dengan bangku penonton mencapai satu setengah lebar lapangan stadion GBK.

Jaraknya bisa terbilang jauh. Namun, berkat kamera zoom Samsung S24 Ultra, kami bisa tetap merekam para personil NCT Dream dari dekat. Sedikit informasi, boyband NCT Dream terdiri dari tujuh orang, yakni Mark, Jaemin, Jeno, Haechan, Chenle, dan Renjun, dan Jisung. Namun, Renjun tidak dapat menghadiri konser karena alasan kesehatan. 

Walau jauh, tetap terasa dekat

Member NCT Dream yang tengah menyambut penonton Indonesia. Foto dibidik menggunakan kamera zoom 3x dan 5x Samsung S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Member NCT Dream yang tengah menyambut penonton Indonesia. Foto dibidik menggunakan kamera zoom 3x dan 5x Samsung S24 Ultra

Dengan kebolehan kamera telefoto Samsung S24 Ultra, kami masih mampu membidik penampilan dari para personil dari dekat. Selama konser berlangsung, zoom 3x, 5x, dan 10x jadi mode andalan yang kerap kami gunakan.

Walau kondisi stadion minim cahaya, hanya memanfaatkan lampu sorot dan cahaya LED dari panggung, hasil gambar Samsung S24 Ultra bisa tetap maksimal. Hasil gambar memunculkan kontras, tingkat kecerahan (brightness), saturasi, dan highlight yang tidak terlalu berlebihan.

Baca juga: Merekam Konser Bruno Mars Pakai Samsung Galaxy S24 Ultra, Video Stabil Meski Sambil Meloncat

Momen Chenle menunjuk kamera berhasil ditangkap oleh kamera Samsung Galaxy S24 Ultra. Ditambah, tampilan UI (antarmuka) kamera Samsung yang efisien, kami bisa sekaligus merekam video dan memotret gambar dalam waktu bersamaanKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Momen Chenle menunjuk kamera berhasil ditangkap oleh kamera Samsung Galaxy S24 Ultra. Ditambah, tampilan UI (antarmuka) kamera Samsung yang efisien, kami bisa sekaligus merekam video dan memotret gambar dalam waktu bersamaan

Hasil gambar dari kamera zoom 5x Samsung Galaxy S24 Ultra dengan pengaturan fitur ProKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil gambar dari kamera zoom 5x Samsung Galaxy S24 Ultra dengan pengaturan fitur Pro

Sekali-sekali kami mencari angle lain dengan memotret layar LED, saat kamera panggung menyorot wajah para personil secara close up. Jarak yang tadinya sangat jauh, bisa terasa begitu dekat dalam bidikan kamera Galaxy S24 Ultra.

Saat memotret layar LED, pengaturan zoom yang kami pakai hanya mentok di 3x dan 5x saja. Bila ingin memotret area panggung, biasanya kami mengandalkan zoom 5x dan 10x.

Walau perbesarannya cukup tinggi, hasilnya bisa terbilang baik, tetapi tingkat detailnya memang sedikit mengalami penurunan.

(kiri-kanan) Chenle dan Jisung yang sedang membawakan lagu penutup di konser NCT Dream Jakarta di Stadium Gelora Bung Karno pada Sabtu (18/5/2024)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (kiri-kanan) Chenle dan Jisung yang sedang membawakan lagu penutup di konser NCT Dream Jakarta di Stadium Gelora Bung Karno pada Sabtu (18/5/2024)

Tidak lupa, kami juga mengaktifkan mode “Pro”. Mode ini bisa diakses dengan menggeser menu kamera ke “More” dan klik opsi “Pro”.

Mode kamera ini mirip seperti pengaturan kamera profesional DSLR. Pengguna bisa mengatur shutter speed, ISO, exposure, keseimbangan warna (white balance) secara manual.

Hasil gambar dari zoom 5x menggunakan kamera Samsung S24 Ultra. Para members sedang mengajak para menonton berinteraksiKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil gambar dari zoom 5x menggunakan kamera Samsung S24 Ultra. Para members sedang mengajak para menonton berinteraksi

Akan tetapi, apabila penonton kurang paham dengan pengaturan manual kamera smartphone, kami menyarankan untuk tidak menggunakan mode tersebut, ketimbang kerepotan mengotak-atik ponsel saat menonton.

Apalagi pengaturan Pro lebih kompleks dan memakan waktu yang cukup lama. Dikhawatirkan pengguna bakal ketinggalan momen.

Dari tribun GBK, Samsung S24 Ultra bisa diandalkan untuk merekam fancam NCT Dream lebih dekat di atas panggung.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Dari tribun GBK, Samsung S24 Ultra bisa diandalkan untuk merekam fancam NCT Dream lebih dekat di atas panggung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com