Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 26/05/2024, 11:06 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna penting untuk mengetahui beberapa penyebab yang bisa menyebabkan masalah pada pengoperasian HP (handphone). Salah satunya seperti penyebab HP mati sendiri secara tiba-tiba.

Perlu diketahui, HP umumnya tidak akan mati kecuali terdapat tindakan dari pengguna. Untuk membuat HP dari kondisi nyala ke mati, pengguna biasanya perlu menekan tombol power. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, HP bisa mati sendiri tanpa tindakan tersebut.

Baca juga: 10 Cara Masuk Safe Mode di HP Android untuk Berbagai Model, Mudah dan Praktis

Pengguna yang mengetahui HP-nya mati sendiri mungkin bakal panik. Jika masalah ini terjadi, HP bisa mati secara tiba-tiba saat pengguna tengah mengoperasikannya. Alhasil, pengguna jadi tidak bisa mengoperasikan HP dengan lancar.

Masalah HP mati sendiri merupakan masalah yang umum terjadi. Lantaran umum terjadi dan cukup merepotkan, pengguna perlu mengetahui penyebab HP mati sendiri. Fungsinya agar pengguna dapat mengatasi jika mengalami masalah ini.

Lantas, apa penyebabnya HP mati sendiri? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai beberapa penyebab HP mati sendiri secara tiba-tiba.

Penyebab HP mati sendiri

Ada beberapa faktor yang jadi penyebab HP mati sendiri bisa terjadi. Misalnya, HP bisa mati sendiri tiba-tiba karena kesehatan baterai HP menurun. Selain itu, penyebab HP mati sendiri bisa dikarenakan terdapat fitur tertentu yang aktif.

Kemudian, masalah HP mati sendiri ini juga bisa disebabkan karena terdapat gangguan pada sistem perangkat lunak. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa penyebab HP mati sendiri adalah sebagai berikut.

1. Kesehatan baterai HP menurun drastis

Penyebab HP mati sendiri yang pertama adalah kesehatan baterai HP sudah turun drastis. Untuk diketahui, kesehatan baterai merupakan ukuran seberapa lama baterai HP dapat digunakan sebelum perlu diisi daya kembali.

Seiring lamanya pemakaian, kesehatan baterai bisa berkurang. Jika sudah berkurang sangat banyak, baterai tidak akan dapat menyimpan daya secara optimal. Dengan demikian, HP bisa mati tiba-tiba karena kehabisan daya dalam waktu singkat.

2. Gangguan sistem perangkat lunak

Kemudian, penyebab HP mati sendiri yang berikutnya adalah terdapat gangguan pada sistem perangkat lunak. Gangguan sistem bisa menyebabkan beberapa masalah kinerja HP, termasuk tak menutup kemungkinan menyebabkan HP mati sendiri.

3. Tombol power bermasalah

Selanjutnya, penyebab HP mati sendiri juga bisa dikarenakan terdapat masalah pada tombol power. Tombol power yang bermasalah membuatnya dalam kondisi terus menekan. Ketika dalam kondisi tertekan, HP bisa tiba-tiba mati sendiri.

4. Terdapat aplikasi bermasalah

Penyebab HP mati sendiri yang keempat adalah terdapat aplikasi bermasalah. Pengguna mungkin sering menginstal aplikasi yang bersumber tidak dari toko aplikasi resmi. Aplikasi semacam ini kerap membawa masalah yang berpotensi membuat HP mati sendiri.

5. Fitur HP mati otomatis aktif

Kelima, penyebab HP mati sendiri adalah pengguna tanpa disadari telah mengaktifkan fitur yang bisa membuat HP mati secara otomatis pada jadwal tertentu. Ketika fitur ini diaktifkan, HP akan mati secara otomatis di hari dan jam tertentu.

Itulah beberapa penyebab HP mati sendiri secara tiba-tiba yang perlu diketahui. Penyebab-penyebab itu penting untuk diketahui supaya pengguna dapat menentukkan solusi untuk mengatasinya.

Dengan demikian, pengguna tak perlu panik ketika mengalami masalah HP mati sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP yang tiba-tiba mati sendiri? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mengatasi HP mati sendiri dengan mudah.

Baca juga: 10 Cara Masuk Recovery Mode HP Android untuk Berbagai Model, Mudah dan Praktis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com