Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Cara Mengatasi WiFI Lemot di HP dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 08/02/2024, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Koneksi internet dari jaringan WiFi yang terhubung di HP (handphone) bisa tiba-tiba melambat alias lemot. Dalam hal ini, pengguna perlu untuk mengetahui cara mengatasi WiFi lemot di HP supaya bisa kembali internetan dengan lancar.

Untuk diketahui, saat masalah WiFi lemot terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan, apalagi jika koneksi internetnya hanya mengandalkan dari jaringan WiFi. Pasalnya, pengguna jadi tidak bisa mengakses internet dengan lancar di HP melalui jaringan WiFi.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet, Mudah dan Praktis

Masalah WiFi lemot di HP bisa dibilang masalah yang umum terjadi. Masalah WiFi lemot di HP dapat terjadi kapan saja. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi WiFi lemot di HP.

Lantas, bagaimana cara agar sinyal WiFi kuat di HP kita? Jika berminat untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi lemot di HP dengan mudah dan praktis.

Penyebab WiFi lemot di HP

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya memahami dulu penyebab WiFi lemot di HP. Ada beberapa penyebab WiFi lemot di HP. Salah satunya yang umum terjadi adalah posisi HP terlampau jauh dengan perangkat router.

Dengan demikian, HP jadi tidak dapat menangkap sinyal WiFi dari router secara optimal, sehingga koneksi internetnya lemot. Kemudian, penyebab WiFi lemot di HP adalah terdapat gangguan pada sistem HP.

Selain itu, penyebab WIFi lemot di HP juga bisa data dari adanya gangguan pada perangkat router yang digunakan. Itulah beberapa penyebab WiFi lemot di HP. Gangguan yang menyebabkan WiFi lemot di HP itu sejatinya bisa diatasi secara mandiri.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi lemot di HP dengan mudah dan praktis, sehingga bisa lancar internetan kembali.

Cara mengatasi WiFi lemot di HP

Cara mengatasi WiFi lemot di HP itu pada dasarnya cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah koneksi WiFi lemot di HP.

Misalnya, pengguna bisa memindahkan router yang memancarkan koneksi WiFi ke tempat yang terjangkau semua perangkat. Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang kiranya tidak terlalu penuh, sehingga koneksi internet minim gangguan.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa cara mengatasi WiFi lemot di HP adalah sebagai berikut.

1. Letakkan router dengan benar

Cara mengatasi WIFi lemot di HP yang pertama adalah dengan meletakkan perangkat router secara tepat.

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di HP.

Oleh karena itu, supaya koneksi WiFi cepat, pengguna perlu memosisikan router dengan baik. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com