Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Order GoFood Kini Bisa Langsung dari Google Search dan Maps

Kompas.com - 06/06/2024, 14:59 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan pesan makanan (food delivery) online GoFood dari Gojek (PT GoTo Gojek Tokopedia) kini sudah bisa dilakukan melalui mesin pencari Google Search dan aplikasi peta dan navigasi Google Maps secara langsung.

Sebelumnya, lauanan pesan antar makanan ini hanya bisa dilakukan di aplikasi Gojek saja, tidak bisa di aplikasi terpisah di luar Gojek.

Head of Food and Ads Business Gojek, Satria Situmorang mengatakan kehadiran fitur GoFood di Google Search dan Maps ini merupakan hasil dari kolaborasi Gojek dan Google supaya mempermudah pengguna memesan makanan yang mereka cari di Google.

"Kerja sama ini juga bertujuan untuk mengoptimalisasi visibilitas para mitra usaha GoFood dan memperluas akses pelanggan ke resto di mana pun mereka berada, sehingga bisa tetap mudah dan nyaman pesan kuliner online,” kata Satria dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (6/6/2024).

Baca juga: Cara Pesan GoFood untuk Orang Lain Beda Kota

Pantauan KompasTekno pada Kamis siang, layanan pesan makanan GoFood tampaknya memang sudah tersedia di Google Search dan Maps versi Indonesia. 

Pemesanan makanan lantas bisa dilakukan melalui tombol "Pesan" atau "Place an order" yang muncul di detail restoran, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Menu pesan makanan GoFood di Google Search (kiri) dan Maps (tengah).Kompas.com/BILL CLINTEN Menu pesan makanan GoFood di Google Search (kiri) dan Maps (tengah).

Setelah menekan tombol tersebut, pengguna akan dialihkan ke aplikasi atau situs web Gojek, tepatnya ke laman restoran di fitur GoFood.

Di sini, pengguna bisa langsung memilih dan memesan makanan yang mereka inginkan, sama seperti pemesanan makanan GoFood seperti biasanya.

Pastikan pengguna sudah memiliki akun Gojek, lantaran pemesanan dan pembayaran akan diproses melalui sistem Gojek.

Jika belum punya, maka pengguna akan diarahkan untuk mendaftar akun Gojek terlebih dahulu sebelum bisa memesan makanan.

Baca juga: Cara Tau Posisi Bus Transjakarta secara Real-Time di Google Maps, Mudah

Tidak semua restoran punya tombol "pesan"

Perlu dicatat, tidak semua toko atau restoran memiliki tombol "pesan" di Google Search dan Maps.

Sebab, hanya restoran yang sudah memiliki akun Google Business Profile di Google Search dan Maps saja yang bisa mengaktifkan fitur pemesanan makanan dari Google, selain restoran tersebut memang sudah menjadi mitra usaha GoFood. 

Baca juga: Cara Daftar GoFood untuk Usaha Rumahan dan Syaratnya

Oleh karena ini juga, restoran yang sudah menjadi mitra usaha GoFood belum tentu memiliki tombol pesan di Google Search dan Maps, lantaran mereka juga harus memiliki akun Google Business Profile. 

Nah, pembuatan akun Google Business Profile dan cara mengintegrasikan akun mitra usaha GoFood bisa dilihat di laman dukungan Google di tautan berikut ini.

Baca juga: Cara Daftar Google Bisnisku untuk UMKM agar Makin Dikenal

Adapun pembuatan serta pengintegrasian akun Google Business Profile dan akun mitra usaha GoFood tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

“Melalui kolaborasi ini kedepannya kami berharap dapat terus membantu meningkatkan visibilitas mitra usaha GoFood serta kepuasan para pelanggan baru maupun setia GoFood,” pungkas Satria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com