Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AI Belum Digunakan Maksimal, Acer Edukasi lewat AI PC

Kompas.com - 06/06/2024, 11:40 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengetahuan masyarakat Indonesia soal kecerdasan buatan (artificial intellgence/AI) dinilai masih kurang.

Meski sudah banyak layanan AI seperi chatbot ChatGPT buatan OpenAI, Copilot dari Microsoft, hingga Gemini dari Google, namun AI belum digunakan secara maksimal.

Hal ini disampaikan Consumer Product Manager Acer Indonesia, Matius Tirtawirya dalam acara pemaparan produk dan solusi Acer untuk segmen bisnis bertajuk "Tech Forward" yang digelar di Menteng, Jakarta Psuat pada Rabu (5/6/2024). 

Menurut Matius, Acer kini ingin pelan-pelan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa mereka bisa mengandalkan banyak fitur AI mumpuni di laptop untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Baca juga: Acer Umumkan Swift 14 AI, Laptop Copilot PC Plus Perdana

Consumer Product Manager Acer Indonesia, Matius Tirtawirya dalam acara pemaparan produk dan solusi Acer untuk segmen bisnis bertajuk Tech Forward yang digelar di Menteng, Jakarta Psuat pada Rabu (5/6/2024). Kompas.com/BILL CLINTEN Consumer Product Manager Acer Indonesia, Matius Tirtawirya dalam acara pemaparan produk dan solusi Acer untuk segmen bisnis bertajuk Tech Forward yang digelar di Menteng, Jakarta Psuat pada Rabu (5/6/2024).

"Masyarakat Indonesia belum fully educated soal AI. Sehingga, strategi kami saat ini adalah untuk mengedukasi pasar bahwa AI itu penting, dan laptop-laptop terbaru Acer saat ini sudah memanfaatkan fitur-fitur yang sarat akan AI," ungkap Matius. 

Baca juga: Acer Pamer Produk dan Solusi AI untuk Bisnis lewat Tech Forward

Matius melanjutkan beberapa produk laptop enterprise buatan Acer, seperti Acer Swift Go 14 AI, Acer Spin 14, Acer Travelmate P414, Acer Chromebook Vero Enterprise, dan lain sebagainya juga bisa mendukung beberapa fitur AI kekinian.

Salah satunya adalah teknologi atau fitur Auto Framing, yang memungkinkan video yang sedang direkam kamera atau webcam laptop pengguna bisa fokus ke pergerakan seseorang yang ada dalam bidikan kamera.

"Webcam laptop kami di beberapa produk juga mendukung fitur memburamkan latar belakang (background blur) pengguna ketika melakukan panggilan video," imbuh Matius. 

Tren AI PC tergolong baru

Di kesempatan yang sama, Product & Solution Director Acer Indonesia, Riko Gunawan mengatakan bahwa masyarakat belum teredukasi penuh soal AI, terutama penggunaannya di PC, karena tren laptop AI alias AI PC saat ini masih tergolong cukup baru. 

Namun, Acer sudah memiliki banyak produk yang dapat menjalankan fitur-fitur AI yang ramai dipakai belakangan ini, seperti ChatGPT hingga Copilot. 


Product & Solution Director Acer Indonesia, Riko Gunawan dalam acara pemaparan produk dan solusi Acer untuk segmen bisnis bertajuk Tech Forward yang digelar di Menteng, Jakarta Psuat pada Rabu (5/6/2024).Kompas.com/BILL CLINTEN Product & Solution Director Acer Indonesia, Riko Gunawan dalam acara pemaparan produk dan solusi Acer untuk segmen bisnis bertajuk Tech Forward yang digelar di Menteng, Jakarta Psuat pada Rabu (5/6/2024).

"Kami ingin mendorong pelanggan, baik itu pelaku usaha atau konsumen untuk mengadopsi dan menggunakan laptop berbasis AI ini, terutama laptop yang disediakan oleh Acer," kata Riko.

Baca juga: Intel Resmikan Lunar Lake, Arsitektur Prosesor dengan AI untuk Laptop

"Sebab, kita tahu teknologi AI sangat membantu sekali untuk menyelesaikan beragam kegiatan secara efisien, dan teknologi ini akan semakin berkembang di masa depan," imbuh Riko. 

Riko melanjutkan, di masa depan, Acer akan menghadirkan banyak produk dan fitur AI kepada konsumen, baik itu di segmen bisnis maupun ritel. 

Soal perangkat AI, Acer sendiri sudah memiliki laptop Copilot Plus PC pertama mereka yang belum lama ini diumumkan di pasar global, yaitu Swift 14 AI.

Copilot Plus PC merupakan standar laptop AI terbaru dari Microsoft. Dengan label ini, sebuah laptop diklaim dapat menjalankan pemrosesan dan aplikasi AI di angka terendah 40 triliun operasi per detik (TOPS). 

Meski sudah ada di pasar global, Riko belum mau mengumbar kapan laptop ini akan masuk ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com