Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Garap "Earphone" Pintar

Kompas.com - 19/08/2014, 13:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BioSport In-Ear Headphones

KOMPAS.com - Gadget yang dikenakan di tubuh alias wearable device tak mesti berbentuk jam tangan atau kacamata. Bisa pula berupa “earphone pintar”.

Perangkat itulah yang bakal dibuat oleh Intel yang baru-baru ini ikut terjun ke ranah wearable. Minggu lalu, raksasa chip tersebut mengumumkan kerjasama dengan SMS Audio, perusahaan headphone milik rapper Curtis “50 Cent” Jackson.

Kolaborasi kedua pihak dimaksudkan untuk membikin sebuah produk audio bernama BioSport In-Ear Headphones.

Alat untuk mendengar musik ini tak hanya bisa mengalunkan lagu ke telinga pengguna, melainkan juga memonitor denyut nadi pemakainya ketika berolahraga. Data denyut nadi itu kemudian diteruskan ke aplikasi pendamping di smartphone.

Dengan demikian, pengguna BioSport In-Ear dapat membantu pemakainya mengawasi denyut nadi tanpa harus memakai monitor di pergelangan tangan atau dada.

“Kami akan menghadirkan headphone yang menghilangkan ketidaknyamanan akibat perangkat tambahan dengan aksesori fitness yang terintegrasi,” kata General Manager New Devices Group Intel, Michael Bell, yang dikutip oleh The Guardian.

Bell menyatakan optimis dengan langkah perusahaannya memasuki segmen wearable device melalui perangkat ini. “Kami percaya teknologi wearable akan menjadi segmen yang besar,” tambahnya.

Perangkat penunjang kesehatan sendiri telah menjadi tren di dunia wearable device. Produsen-produsen besar seperti Samsung, misalnya, menelurkan produk jam tangan pintar yang bisa mencatat jumlah waktu tidur dan langkah kaki pengguna.

Sebelumnya, pada pameran CES 2014 awal tahun ini, pabrikan Korea Selatan, LG telah lebih dulu memperkenalkan unit headset yang dilengkapi monitor denyut nadi.

BioSport In-Ear rencananya akan mulai tersedia pada kuartal keempat 2014, namun harganya belum diumumkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com