Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda Xiaomi Redmi 3 Pro dan Redmi 3?

Kompas.com - 30/03/2016, 20:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Tahun lalu, Xiaomi meluncurkan Redmi 3 yang digadang-gadang sebagai smartphone terbaik di kelasnya. Berbagai media kawakan memuji performa ponsel low-end tersebut.

Kini, Xiaomi tampaknya ingin mengulang kesuksesan itu dengan merilis saudara Redmi 3. Namanya sama, hanya ditambahkan embel-embel "Pro" di belakangnya.

Redmi 3 Pro akan mulai dijual pada 4 April mendatang, bertepatan dengan Mi Fan Festival di China. Lalu, apa saja yang ditawarkan?

Dilansir KompasTekno, Rabu (30/3/2016), dari AndroidAuthority, Redmi 3 Pro hadir dengan sensor pemindai sidik jari alias "fingerprint sensor".

Fitur tersebut tak ditemukan pada Redmi 3. Bahkan, biasanya fingerprint sensor tersemat pada jejeran smartphone high-end.

Mekanisme selengkapnya dari fingerprint sensor ala Xiaomi belum diumbar. Biasanya, fitur itu memungkinkan seseorang membuka ponsel dengan pengenalan sidik jari.

Maka pengguna tak perlu lagi ruwet mematrikan password angka atau huruf. Ada pula beberapa vendor yang memanfaatkan fingerprint sensor untuk mengidentifikasi detak jantung.

Untuk spesifikasi, ada beberapa peningkatan pada Redmi 3 Pro dibandingkan Redmi 3. Varian Pro dibenamkan RAM 3 GB dan memori 32 GB. Sementara pendahulunya hanya dibekali RAM 2 GB dengan penyimpanan 16 GB.

Soal desain dan spesifikasi lainnya tampak identik. Redmi 3 Pro masih mengusung layar 5 inci, berotak Snapdragon 616 dengan kecepatan 1,5 GHz, dukungan dual SIM, serta baterai 4100 mAH.

Untuk semua itu, Xiaomi mematok harga relatif murah, yakni 120 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 jutaan. Belum jelas kapan jagoan murah ini bisa dibeli di Indonesia. Pasalnya, Xiaomi Redmi 3 saja hingga sekarang belum masuk ke Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com