Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UberPool Hadir di Indonesia, Bisa Ramai-ramai "Nebeng" ke Tujuan

Kompas.com - 19/05/2016, 10:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber kompas.com

KOMPAS.com - Rabu (18/5/2016) kemarin, Uber meluncurkan fitur terbaru UberPool untuk Jakarta. Di wilayah Asia Tenggara, Jakarta merupakan kota pertama yang kebagian moda ridesharing teranyar dari penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi itu.

Kepada Kompas.com, Regional Manager Uber Asia Pacific Mike Brown menuturkan bahwa UberPool memungkinkan banyak pengguna untuk “nebeng” di satu kendaraan.

Para pengguna ini bisa naik ke mobil dari tempat yang berbeda, asalkan masih dalam rute dan waktu perjalanan yang sama.

Dengan demikian, Brown berharap UberPool bisa menyediakan cara untuk membawa lebih banyak orang dengan jumlah mobil lebih sedikit.

Carpooling bukan hal baru bagi Kota Jakarta. Namun, dengan UberPool, berbagi kendaran (ridesharing) dapat dilakukan semudah menekan tombol. Ini bisa menjadi solusi yang dibutuhkan untuk mengatasi kemacetan,” kata Mike.

Biaya "terjamin"

Untuk mengakses layanan “nebeng” ini, pengguna tinggal memilik opsi UberPool dalam aplikasi Uber. Selanjutnya, masukan lokasi penjemputan, tujuan, metode pembayaran, dan lakukan panggilan.

Baca: Kata Nadiem ke Driver Grab-Uber, Gabung ke Go-Jek jika Mau Bela Negara

Informasi mengenai pengemudi yang menanggapi order akan diperlihatkan, seperti perjalanan Uber lainnya.

UberPool lantas akan memasangkan pengguna dengan penumpang lain yang tujuannya sama. Nama penumpang yang sudah lebih dulu berada di dalam mobil akan diberitahukan kepada pengguna.

Apabila pengguna merupakan orang pertama yang “nebeng”, nama orang berikutnya yang akan masuk mobil akan diberitahukan lewat notifikasi. Hingga 4 orang bisa bergabung dalam satu mobil.

Uber Screenshot layar biaya UberPool

Kelebihannya dibanding layanan Uber reguler, pada UberPool, biaya sudah terjamin di awal. Bahkan ketika tidak mendapatkan pasangan, penumpang tetap membayar biaya yang sama seperti yang diperlihatkan di awal.

Hanya saja, waktu perjalanan mungkin akan molor dan lebih lama dibandingkan layanan Uber reguler karena pengemudi perlu mengambil penumpang di beberapa tempat berbeda.

Uberpool menerima pembayaran dalam bentuk tunai, kartu kredit, dan kartu debit (khusus Bank Mandiri). Informasi selengkapnya mengenai UberPool dapat dilihat di tautan berikut.

 

 


Nebeng mulai dilirik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com