Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas Anak: Jangan Sebar Luaskan Video "Lelaki Kerdus"

Kompas.com - 30/06/2016, 09:57 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPA Indonesia) atau yang selama ini dikenal dengan nama Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) mengajak semua pihak agar tidak menyebarluaskan tayangan video lagu "Lelaki Kerdus" di berbagai media sosial.

Video itu menampilkan seorang anak perempuan yang menyanyikan lagu dangdut dengan lirik tak pantas. Lagu bernada dangdut tersebut bercerita tentang kemarahan atau kekecewaan anak terhadap sosok ayahnya yang menduakan ibunya.

Dalam video tersebut, juga digambarkan adegan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Video "Lelaki Kerdus" ini sudah beredar di YouTube dan banyak dibagikan di berbagai media sosial.

"LPA Indonesia mengimbau masyarakat untuk membangun persepsi bersama bahwa video tersebut sungguh-sungguh tidak ramah anak," tulis Reza Indragiri Amriel, Ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak, LPA Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (30/6/2016).

Lirik lagu "Lelaki Kerdus" ini juga dinilai tidak sesuai dinyanyikan dan dikonsumsi anak-anak.

Selain meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan video "Lelaki Kerdus," LPA Indonesia juga mengajak masyarakat agar tidak memberikan komentar yang merendahkan anak-anak, selama video tersebut masih ada di media online.

LPA Indonesia mengajak semua pihak yang peduli untuk juga bersama-sama melaporkan keberadaan video tidak ramah anak ke Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) dan meminta Kominfo untuk memblokir video tersebut, melalui alamat e-mail aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com