Salin Artikel

5 Browser Alternatif Chrome dan Firefox untuk Android

KOMPAS.com - Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah dua web browser yang paling umum digunakan oleh para pengguna. Untuk sebagian besar pengguna, browser ini memiliki apa yang mereka butuhkan yakni dari segi kecepatan dan keamanan.

Namun tahukah Anda ternyata masih cukup banyak browser-browser lain yang punya performa tak kalah cepat dan aman dari Chrome dan Firefox?

Berikut adalah 5 web browser yang bisa jadi pilihan alternatif bagi para pengguna Android yang dirangkum KompasTekno dari Phandroid, Kamis (21/2/2019).

Kiwi Browser

Kiwi Browser adalah sebuah peramban baru yang fokus pada kecepatan serta keamanan. Browser ini menggunakan rilis terbaru dari Chromium agar dapat memuat halaman situs yang dibuka dengan lebih cepat.

Keistimewaan dari browser ini adalah adanya fitur untuk memblokir peretas yang berusaha memanfaatkan perangkat Anda untuk menambang mata uang kripto. Selain itu browser ini juga dapat memblokir iklan pop-up yang keluar.

Kiwi Browser bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut ini.

CM Browser

CM Browser yang dirilis oleh Cheetah Mobile ini lebih fokus melindungi privasi dan keamanan pengguna. Brwser ini juga memiliki fitur yang dapat mencegah munculnya iklan saat pengguna berselancar di dunia maya.

Selain itu, browser ini juga memudahkan pengguna yang ingin mengunduh video di internet. Jika pengguna selesai berselancar, semua data dan riwayat akan dihapus secara otomatis.

CM Browser bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut ini.

Keepsafe Browser

Sesuai dengan namanya, browser ini juga dirancang untuk melindungi data dan privasi para penggunanya. Keepsafe Browser dapat dikunci menggunakan PIN maupun sidik jari demi mengamankan privasi pengguna.

Selain itu, browser ini juga dapat memblokir para pengiklan yan gmelacak dan mengumpulkan informasi pengguna. Keepsafe Browser juga memiliki fitur VPN yang membantu meminimalisasi kemungkinan peretasan.

Keepsafe Browser bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut ini.

Puffin Browser

Puffin Browser juga mengedepankan kecepatan dan privasi pengguna sebagai nilai jual utama. Namun browser ini punya mekanisme yang berbeda.

Ketika digunakan, Puffin memindahkan halaman yang tengah dimuat dari perangkat ke cloud sehingga dapat bekerja dengan lebih cepat. Dengan demikian, lalu lintas antara Puffin dengan server menjadi lebih aman sehingga pengguna bisa memakai koneksi WiFi publik dengan lebih leluasa.

Puffin juga menggunakan rilis Javascript dan Flas terbaru. Browser ini juga punya fitur unik, yakni adanya Theater Mode untuk menonton atau memainkan game dengan format Flash pada perangkat.

Puffin Browser bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut ini.

Firefox Focus

Firefox Focus adalah browser yang lebih mengedepankan aspek keamanan pengguna. Seperti halnya browser lain, Firefox Focus juga memblokir iklan-iklan yang bermunculan ketika pengguna berselancar.

Firefox Focus juga memblokir pelacak lain yang dapat mengumpulkan data serta kebiasaan pengguna saat internetan di dunia maya. Pengguna juga dapat dimudahkan menghapus riwayat, kata sandi, serta cookie untuk meningkatkan privasi.

Firefox Focus bisa diunduh di Play Store melalui tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2019/02/21/19160017/5-browser-alternatif-chrome-dan-firefox-untuk-android

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.