Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bentuk Mirip, Ini Bedanya Konektor Thunderbolt dan USB Tipe C

Keduanya sama-sama bersifat reversible (bisa ditancapkan dengan dibolak-balik). Dengan demikian, pengguna tidak perlu pusing menyesuaikan posisi kabel dengan konektor.

Namun, soal kemampuan, USB C dan Thunderbolt 3 punya perbedaan. Secara umum, kemampuan Thunderbolt 3 lebih tinggi dibanding USB C.

Keunggulan pertama ada di kecepetan transfer data. Thunderbolt 3 memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps.

Angka itu Jauh lebih tinggi ketimbang USB C 3.1 generasi kedua yang memiliki kecepatan 10 Gbps. Apalagi dibanding dengan USB C 3.1 generasi pertama yang hanya memiliki kecepatan transfer data 1,5 Gbps.

Perbedaan lainnya ada di keluaran video. Thunderbolt 3 mampu menampilkan video dengan resolusi 2 x 4K atau video tunggal beresolusi 5K.

Sementara USB C, baik generasi pertama maupun kedua hanya bisa menampilkan keluaran video dengan resolusi maksimal 4K. Keunggulan Thunderbolt 3 tidak hanya sampai di situ.

Konektor ini juga mendukung eksternal GPU atau eGPU. Dukungan tersebut tidak dimiliki USB C. Satu hal lagi yang tidak bisa dilakukan USB C adalah kemampuan menyambungkan enam perangkat sekaligus (daisy chain) secara bersamaan.

Dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Jumat (14/2/2020), Thunderbolt 3 kompatibel dengan Thunderbolt 2 dan model sebelum-sebelumnya. Ia juga kompatibel dengan USB C 3.1, USB 3.x, dan USB 2.x, selama ada adapter yang tepat.

Sementara itu, USB C 3.1 kompatibel dengan USB C 3.x dan USB C 2.x, tapi tidak mendukung perangkat Thunderbolt. Lantas bagaimana cara membedakan mana port USB C dan Thunderbolt 3?

Biasanya, produsen perangkat akan mematrikan keterangan tipe USB C yang digunakan, misalnya saja USB C 3.1. Sementara untuk port Thunderbolt, biasanya menggunakan label bergambar petir dengan anak panah serong ke kiri.

https://tekno.kompas.com/read/2020/02/14/11190007/bentuk-mirip-ini-bedanya-konektor-thunderbolt-dan-usb-tipe-c

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke