Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fall Guys: Ultimate Knockout, Game Battle Royale Kocak yang Naik Daun

KOMPAS.com - Berlari ke garis finis sembari melewati rintangan sekaligus mendorong pemain lain. Begitulah kira-kira misi utama dari salah satu game kasual yang belakangan ini tengah populer, Fall Guys: Ultimate Knockout, atau lebih singkat disebut Fall Guys.

Di game tersebut, pemain berperan sebagai sebuah "kacang polong" menggemaskan, yang dilapisi berbagai warna dan kostum. Pemain lantas akan berkompetisi dengan 59 orang lainnya dalam sebuah pertandingan 5 ronde.

Pada setiap rondenya, mereka akan dihadapkan dengan sebuah arena yang berbeda. Meski demikian, misi utamanya tetap sama, yakni berlari menuju garis finis sembari melalui tantangan yang ada dengan cara melompat, mendorong, dan lain-lain.

Pemain yang lelet atau tidak bisa menyelesaikan misi di ronde tersebut akan tereliminasi dan tidak bisa mengikuti babak selanjutnya.

Di akhir babak atau ronde ke-5, satu orang pemain yang sukses melewati berbagai rintangan dan "menjatuhkan" pemain lainnya, bakal keluar sebagai pemenangnya.

Pada saat bertanding, pemain akan disuguhkan dengan tampilan grafis yang segar dan berwarna, berikut efek animasi yang ciamik.

Jalannya sebuah pertandingan di Fall Guys pun terkesan kocak dan menggemaskan. Sebab, jika dilihat sekilas, puluhan kacang polong tampak berdempetan satu sama lain, seakan berbondong-bondong ingin mencapai satu titik tujuan yang sama.

Apalagi, tak jarang rintangan yang dilewati pemain bisa berupa sebuah celah atau pintu kecil, sehingga mereka wajib mendorong atau menyingkirkan pemain lainnya agar bisa sampai ke garis finis.

Popularitas meroket

Fall Guys sendiri merupakan game bergenre battle royale dengan sistem permainan last man standing, mirip seperti Fortnite, PUBG Mobile, hingga Call of Duty Mobile.

Namun, berbeda dengan game battle royale kebanyakan, game besutan Mediatonic ini memiliki kontrol, berikut mekanisme bermain (gameplay), yang terbilang cukup sederhana.

Pemain pun tidak wajib memiliki kemampuan (skill) khusus, lantaran misi dari game Fall Guys hanya menjadi pemenang dengan mencapai garis finis.

Nah, dengan gameplay yang sederhana ini, ditambah dengan tampilan grafis yang segar tadi, wajar saja jika game tersebut dilirik oleh banyak pemain, gamer di platform streaming Twitch, YouTube, dan lain sebagainya.

Bahkan, pada hari pertama peluncuran, yakni 4 Agustus lalu, server game tersebut langsung diserbu ratusan ribu pemain. Sehingga, pihak Fall Guys harus meningkatkan performa server agar game tersebut bisa dimainkan dengan lancar.

Kini, berdasarkan data Gamstat per 16 Agustus 2020, jumlah pemain Fall Guys telah menembus angka 15,6 juta.

Perlu dicatat, kisaran angka tersebut hanya untuk jumlah pemain di PlayStation 4 (PS4) saja, tidak termasuk PC. Belum diketahui berapa jumlah keseluruhan pemain game tersebut di kedua platform.

Yang jelas, di PC sendiri, Fall Guys dikabarkan telah terjual sebanyak 2 juta kopi hanya dalam waktu dua minggu setelah peluncuran, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari VentureBeat, Selasa (25/8/2020).

Fall Guys tersedia di platform PC (via Steam) dan PS4 dengan harga Rp 109.000 dan Rp 279.000.

Namun, bagi pengguna PS4, terutama mereka yang berlangganan PlayStation (PS) Plus, game tersebut bisa diunduh secara gratis hingga 1 September mendatang. 

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/25/11140047/fall-guys--ultimate-knockout-game-battle-royale-kocak-yang-naik-daun

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.