Salin Artikel

Huawei Dikabarkan Jual Bisnis Ponsel Honor ke Pemerintah China

Sebab, Huawei dikabarkan resmi menjual bisnis ponsel Honor ke sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Digital China dan pemerintah Shenzhen. Nilai akuisisi tersebut ditaksir mencapai 100 miliar yuan (sekitar Rp 212 triliun).

Menurut laporan Reuters yang dihimpun KompasTekno, Rabu (11/11/2020), kesepakatan itu akan diumumkan pada minggu ini. Penjualan tersebut tak terbatas pada merek Honor saja, tetapi juga unit riset dan desain, serta manajemen rantai pasokan.

Terkait komposisi konsorsium, Digital China yang merupakan distributor Honor akan memiliki sekitar 15 persen saham perusahaan setelah perjanjian ini difinalisasi. Di belakang Digital China, masih ada setidaknya tiga firma investasi yang didukung oleh pemerintah.

Honor akan tetap mempertahankan 7.000 karyawan dan tim manajemen setelah akuisisi ini rampung. Perusahaan juga ditargetkan akan melantai di bursa saham (go public) dalam jangka tiga tahun ke depan.

Sebelumnya, Huawei meluncurkan merek Honor pada 2013 untuk bersaing dengan vendor ponsel dari China lainnya, seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo, terutama di segmen bujet.

Karena sanksi dagang yang dikenakan oleh Amerika Serikat terhadap Huawei, Honor terpaksa mengubah strateginya dan akan fokus ke segmen kelas menengah ke atas.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/11/09050007/huawei-dikabarkan-jual-bisnis-ponsel-honor-ke-pemerintah-china

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.