Salin Artikel

Waspada Website Palsu Xiaomi, Jual Redmi Note 9 Harga Rp 1 Juta

Meski demikian, konsumen kini harus berhati-hati apabila ingin memboyong produk Xiaomi secara online. Pasalnya, baru-baru ini beredar sebuah situs penjualan palsu yang mengatasnamakan Xiaomi.

Alih-alih Mi.co.id, situs tersebut memiliki nama domain yang nyaris mirip, yaitu Mi-co.id. Selain situs induk, ada beberapa sub-domain yang turut dibuat serupa, seperti event.mi-co.id, shop.mi-co.id, dan lain sebagainya.

Sekilas, situs palsu ini memiliki desain yang sama persis dengan situs  resmi Xiaomi Indonesia. Di halaman depan, misalnya, kedua situs kompak menampilkan poster promo identik, sebagaimana ilustrasi gambar berikut. Sehingga, wajar saja jika mungkin banyak yang terkecoh.

Terlebih, situs palsu ini mengiming-imingi pengunjungnya dengan menawarkan harga produk Xiaomi yang jauh lebih murah dibanding harga normal, ditambah dengan gratis ongkos kirim (ongkir) yang bisa bikin pengguna tergiur.

Redmi Note 9 varian 6 GB/128 GB, misalnya, dijual dengan harga Rp 1.099.000. Padahal, di situs resmi harga aslinya Rp 2.499.000.

Kemudian ada Poco X3 NFC 8 GB/128 GB yang dilego dengan harga Rp 2.299.000, jauh dari harga resmi yang dipatok di angka Rp 3.499.000.

Lantas, apa yang akan terjadi apabila konsumen membeli produk murah di situs tersebut?

Percobaan penipuan

Penelusuran KompasTekno, Selasa (19/1/2021), situs ini kemungkinan adalah kanal untuk percobaan penipuan, sekaligus mencuri data para Mi Fans yang menginginkan smartphone Xiaomi dengan harga terjangkau.

Sebab, ketika kami menjajal untuk membeli sebuah produk, kami tidak perlu masuk (login) melalui akun Xiaomi yang sudah terdaftar dan cukup memberikan data pribadi yang diperlukan saja.

Di antaranya seperti nama lengkap, alamat pengiriman, nomor telepon, alamat e-mail, dan sebagainya.

Sebagai informasi, situs resmi Xiaomi mengharuskan pengunjungnya untuk login terlebih dahulu agar bisa membeli produk yang diinginkan.

Nah, setelah data diri diisi, kami diantarkan ke laman pembayaran. Anehnya, opsi pembayaran yang tersedia hanya satu saja, yaitu melalui rekening Bank Mandiri atas nama PT Xiaomicom, bukan PT Xiaomi Communications Indonesia.

Padahal, situs resmi Xiaomi menyediakan berbagai opsi pembayaran, seperti internet/mobile banking dari berbagai bank, Alfamart, hingga opsi bayar di tempat (cash on delivery/CoD).

Sehingga, bisa dipastikan bahwa situs ini memang benar-benar palsu dan ditujukan sebagai kanal penipuan.

Xiaomi klarifikasi

Hal tersebut lantas dibenarkan oleh pihak Xiaomi Indonesia. Mereka menegaskan bahwa situs mirip Xiaomi yang disebutkan di atas adalah palsu.

"Hati-hati penipuan, pihak Xiaomi Indonesia tidak pernah mengeluarkan promosi ini," ujar akun @xiaomi.indonesia dalam sebuah unggahan Instagram Stories.

"Harap cek kembali website resmi yang kami gunakan tidak menggunakan strip (-)," imbuh mereka.

Pihak Xiaomi lantas mengimbau pengguna untuk berhati-hati dalam berbelanja online, atau mendapatkan informasi seputar promo yang sedang berlangsung, dengan memperhatikan tiap kanal resmi Xiaomi Indonesia. Berikut daftarnya:

Situs resmi: Mi.co.id
Instagram: xiaomi.indonesia
Facebook: Xiaomi Indonesia
Twitter: XiaomiIndonesia
TikTok: xiaomi.indonesia
YouTube: Xiaomi Indonesia

https://tekno.kompas.com/read/2021/01/19/13140097/waspada-website-palsu-xiaomi-jual-redmi-note-9-harga-rp-1-juta

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.