Salin Artikel

Bisnis Ponsel Sony Xperia Kembali Cetak Profit

Sejak tahun 2014 hingga 2020 lalu, pengiriman ponsel Sony Xperia juga terus menunjukkan grafik yang semakin menurun.

Kini, ada kabar baik. Bisnis ponsel Sony Xperia akhirnya kembali mencatatkan profit untuk pertama kalinya sejak 2017. Hal ini terungkap dari hasil laporan keuangan perusahaan untuk tahun fiskal 2020, yang dipublikasi baru-baru ini.

Dalam laporan tersebut, bisnis ponsel Sony Xperia diketahui berhasil meraup laba operasi (operating income) sebesar 27,7 miliar yen atau setara dengan Rp 3,6 triliun.

Padahal, bila melihat grafik pengiriman ponsel Sony Xperia, total pengiriman di tahun 2020 justru yang paling sedikit ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun fiskal 2020, Sony hanya berhasil menjual 2,9 juta unit ponsel Xperia saja. pada periode ini. Sedangkan di tahun fiskal 2019, Sony justru berhasil menjual lebih banyak ponsel dengan total pengapalan mencapai 3,2 juta unit.

Sony awalnya pun terkejut dengan performa bisnis smartphone-nya pada tahun fiskal 2020 yang berakhir pada 31 Maret 2021 ini.

Eksekutif perusahaan mengungkapkan bahwa performa bisnis ponsel Sony Xperia pada periode ini telah melebihi ekspektasi perusahaan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Xperia Blog, Minggu (2/5/2021).

Itu semua bisa terjadi agaknya berkat startegi yang dilakukan oleh Sony. Alih-alih menjual ponsel yang lebih banyak, Sony lebih memilih menggunakan strategi pemotongan biaya (cross cutting) dan meningkatkan harga jual rata-rata (average selling price/ASP) produknya di pasaran.

Berbicara soal ponsel Xperia, Sony baru-baru ini juga telah meresmikan dua ponsel kelas atas terbarunya, yakni Xperia 1 III dan Xperia 5 III. Dua ponsel flagship ini baru akan mulai dijual pada pertengahan tahun 2021.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/02/07200097/bisnis-ponsel-sony-xperia-kembali-cetak-profit

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.