Salin Artikel

Perjuangan Indonesia Raih Emas di PUBG Mobile SEA Games, Penuh Drama yang Hampir Lenyapkan Peluang

KOMPAS.com - Tim nasional (timnas) Indonesia berhasil menyumbang medali emas SEA Games 2021 dari cabang olahraga (cabor) e-sports PUBG Mobile kategori beregu (team) pada hari ketiga babak Finals yang digelar pada Minggu (22/5/2022).

Pencapaian tersebut berhasil diraih melalui permainan apik dari timnas Indonesia 2 (Luxxy, Ryzen, SVAVFEL, dan GenFoss) yang berhasil mengumpulkan total skor 163 poin, tepat di atas timnas Vietnam 1 dengan 156 poin.

Sementara itu, tim Indonesia 1 (Microboy, Potato, Katou, dan RedFace) harus puas berada di posisi keenam dengan perolehan skor 133 poin.

Perjuangan untuk membawa pulang medali emas dari cabor e-sports PUBG Mobile Team sendiri bisa dibilang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Kerja keras mereka untuk meraih medali emas harus melalui serangkaian tantangan, terutama di game atau ronde terakhir alias ronde ke-15 atau ronde ke-5 di hari ketiga.

Meski demikian, timnas Indonesia 2 berhasil melewati semua itu dengan permainan yang cukup baik dari salah satu anggotanya yang merupakan anggota dari tim e-sports Bigetron Red Aliens (RA), yaitu Luxxy.

Pria yang bernama lengkap Bagus Prabaswara tersebut berhasil melakukan beragam strategi ciamik demi mendapatkan medali emas untuk Indonesia.

Lantas, bagaimana perjalanan timnas Indonesia 2 meraih medali emas? Seberapa penting sosok Luxxy dalam timnas Indonesia 2 sehingga mereka bisa mendapatkan medali tersebut?

Sebelum melihat kepiawaian Luxxy, mari kita bahas lebih dahulu bagaimana timnas Indonesia 2 berjuang di ronde ke-15 pada PUBG Mobile Team SEA Games 2021.

Pada tahap-tahap zona awal tepatnya di menit kedelapan, salah satu anggota dari tim Indonesia 2, yaitu GenFoss yang terkena apes lantaran dia diserbu dan dikepung oleh empat orang dari timnas Myanmar 2.

Ia dikepung ketika berada dalam sebuah bangunan sendirian. Ia sendiri berada di sana demi mencari senjata dan perlengkapan yang bisa digunakan untuk membasmi musuh dengan mudah.

Karena tidak kuat bertahan, ia pun akhirnya tereliminasi di menit-menit awal, sehingga menyisakan tiga orang yaitu Luxxy, Ryzen, dan SVAFVEL.

Jarak Luxxy sendiri sebenarnya tidak cukup jauh dengan GenFoss, namun karena ia tidak ingin memaksakan diri, ia memilih untuk kabur supaya selamat dari gempuran timnas Myanmar 2.

Apabila ia memilih untuk maju dan menyelamatkan Genfoss, tidak menutup kemungkinan ia juga akan bernasib sama dengan temannya itu dan ikutan tereliminasi karena jumlah pemain tidak seimbang (2 vs 4).

Tim Indonesia 2 lantas terpaksa harus bermain dengan tiga pemain hingga mendekati akhir game.

Namun sekitar menit ke-20, dua orang dari tim Indonesia 2, yaitu Ryzen dan SVAFEL terkena jebakan timnas Malaysia 1 dalam sebuah bangunan, dan akhirnya ikutan tereliminasi.

Mereka berdua tidak bisa ditolong karena posisinya cukup jauh dari Luxxy yang sedang berada di bangunan yang lain.

Tak lama kemudian, dua orang yang tersisa dari timnas Vietnam 2 mendapatkan informasi tempat bersembunyi Luxxy dan langsung menyerbunya.

Permainan ciamik ditampilkan Luxxy di sini, di mana ia berhasil melakukan clutch alias mengeliminasi dua pemain Vietnam 2 sekaligus meski posisinya sedang sendirian.

Bahkan, "nyawa" alias hit points (HP) Luxxy nyaris habis dan ia hampir tereliminasi, sehingga ini merupakan momen dramatis kebangkitan timnas Indonesia 2.

Pada akhirnya, tim Vietnam 2 pun terpaksa harus keluar dari permainan dan harus rela berada di posisi kesembilan dan mendapatkan skor posisi (ranking point) 1 poin dan skor eliminasi (kill point) 5 poin.

Setelah mengeliminasi tim Vietnam 2, Luxxy, yang harus bertahan hidup sendirian, memilih untuk bermain di posisi yang cukup aman dan membiarkan timnas lainnya untuk berperang satu sama lain.

Pada akhirnya, dia tereliminasi dengan zona tanpa adanya perlawanan pada menit ke-28 dan tim Indonesia 2 berhasil menduduki posisi kelima dengan skor posisi 6 poin dan skor eliminasi 2 poin.

Luxxy, penentu posisi

Ronde terakhir di PUBG Mobile Team SEA Games 2021 ini membuat perolehan skor tim Indonesia 2 menjadi 163 poin dan menduduki posisi teratas di klasemen akhir.

Sebelumnya, ketika ronde ke-14 berakhir, poin yang diperoleh tim Indonesia 2 adalah 155 poin, sehingga jumlahnya bertambah menjadi 163 poin karena ditambah dengan 8 poin dari hasil ronde ke-15.

Sementara itu, tim Vietnam 1, tim yang berada tepat di bawah tim Indonesia 2, harus puas berada di posisi kedua dengan 156 poin di akhir ronde ke-15. 

Poin tersebut diperoleh dari penambahan skor usai ronde ke-14, yaitu 151 poin, yang ditambah dengan skor posisi ketujuh di ronde ke-15 yang bernilai 2 poin dan skor eliminasi 3 poin (151 poin + 5 poin).

Dengan hasil ini, keadaan tampaknya bisa berbalik apabila Luxxy tidak bisa bertahan dan tereliminasi ketika terkena gempuran Vietnam 2 pada menit ke-20 di ronde ke-15 tadi.

Jika itu terjadi dan ia tidak mengeliminasi pemain sama sekali, maka tim Indonesia 2 harus puas berada di posisi kesembilan  dengan perolehan 1 poin, sehingga total poin yang didapatkan hanya 156 poin (155 poin + 1 poin).

Sementara itu, timnas Vietnam 1, apabila posisinya masih sama di posisi ketujuh dengan skor posisi 2 poin dan skor eliminasi 3 poin, maka mereka otomatis akan memiliki poin yang sama dengan timnas Indonesia 2 dengan 156 poin.

Sekadar informasi, apabila mengacu pada aturan turnamen PUBG Mobile, dua tim yang memiliki perolehan poin sama akan diselesaikan dengan mekanisme sebagai berikut (secara berurutan):

- Tim yang berada di atas adalah mereka yang mendapatkan kemenangan (Winner Winner Chicken Dinner/WWCD) terbanyak

- Jika WWCD sama, maka tim yang berada di atas adalah mereka yang mengumpulkan perolehan skor poin posisi terbanyak

- Jika skor posisi sama, maka tim yang berada di atas adalah mereka yang mengumpulkan perolehan skor poin eliminasi terbanyak

- Jika skor eliminasi sama, maka tim yang berada di atas adalah mereka yang berhasil bertahan hidup paling lama di ronde terakhir

Dengan mekanisme seperti ini tersebut, timnas Indonesia 2 akan kalah dari Vietnam 1 dan hanya akan membawa pulang medali perak.

Sebab, mereka sama sekali tidak mendapatkan WWCD dalam 15 ronde yang berlangsung selama tiga hari di babak Final PUBG Mobile Team SEA Games 2021.

Di sisi lain, Vietnam memiliki 3 WWCD, sehingga mereka akan berada di posisi pertama dan membawa pulang medali emas, meski poinnya sama dengan Indonesia 2.

Artinya, strategi Luxxy yang memutuskan untuk bermain aman bisa dibilang sangat cerdik untuk membuktikan bahwa Indonesia layak mendapatkan medali emas dari PUBG Mobile Team di SEA Games 2021.

Penasaran bagaimana aksi Luxxy, GenFoss, SVAFVEL, Ryzen dari timnas Indonesia 2, serta performa timnas Indonesia 1 di pertandingan akhir kemarin? Simak tayangan ulang live streaming-nya di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/24/09090037/perjuangan-indonesia-raih-emas-di-pubg-mobile-sea-games-penuh-drama-yang-hampir

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.