Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Ungkap Mengapa Ponsel Galaxy Dapat Android 13 Lebih Cepat

Hal itu dimungkinkan karena Samsung sudah mulai mendistribusikan pembaruan antarmuka (update user interface/UI) OneUI 5.0 yang didesain berbasis Android 13 versi stabil sejak 24 Oktober lalu.

Sebagai perbandingan, distribusi update OneUI 5.0 ini lebih cepat dibanding antarmuka versi sebelumnya, yaitu OneUI 4.0. Tahun lalu, OneUI 4.0 berbasis Android 12 baru mulai disebar pada November 2021.

Kebanyakan vendor ponsel juga baru mulai menggelontorkan pembaruan antarmuka yang berbasis Android 13 pada bulan November 2022. Namun, Samsung berhasil "mencuri start" dengan meluncurkan OneUI 5.0 berbasis Android 13 versi stabil lebih awal di bulan Oktober 2022.

Samsung pun buka-bukaan soal alasan pihaknya bisa menghadirkan update OneUI 5.0 berbasis Android 13 lebih cepat ke pengguna dalam acara diskusi Roundtable OneUI secara virtual, hari ini, Selasa (22/11/2022) siang.

Menurut Samsung, alasan Android 13 lebih cepat ke pengguna adalah karena kolaborasi Samsung dengan Google sebagai pengembang OS Android.

"Sejak peluncuran perangkat ponsel lipat Galaxy Z Flip/Fold 4 pada Agustus lalu, kami telah melakukan kolaborasi engineering yang mendalam dengan Google," ungkap Sally Jeong, Head of Framework R&D, Mobile eXperience Business Samsung Electronics.

Dari kolaborasi tersebut, Samsung bisa melihat lebih awal fitur-fitur Android apa saja yang sekiranya bakal disertakan lewat update OneUI 5.0.

Lewat kolaborasi dengan Google tersebut, Samsung bisa menanggulangi sejumlah tantangan yang biasa dihadapi ketika mendesain antarmuka dengan sistem operasi baru. Sebut saja seperti material user interface dan tema.

"Kami juga mencoba mengurangi ketergantungan add-on OS sehingga memungkinkan untuk mempercepat seluruh proses mendesain dan mendistribusikan (antarmuka) kami yang baru," kata Jeong.

Jeong menambahkan, Samsung punya standar tersendiri untuk memilih fitur Android 13 mana saja yang bakal disertakan ke OneUI 5.0.

"Kami mencari fitur yang memiliki identitas yang konsisten dengan OneUI. Kami tidak bakal membawa fitur yang serupa dengan yang sudah kami miliki," kata Jeong.

Jeong mengatakan bahwa update OneUI 5.0 perfokus pada personalisasi. Pada saat yang sama, Samsung juga berusaha mengoptimalisasi aplikasi yang dibawa OneUI 5.0 ini agar tidak terlalu membebani memori perangkat (ROM maupun RAM).

Fitur baru OneUI 5.0

One UI 5.0 menawarkan pengalaman yang bisa disesuaikan (custom) sepenuhnya oleh pengguna. Beberapa fitur baru yang diboyong oleh One UI 5.0 yaitu gaya jam baru, pop up notifikasi yang berbeda dengan UI sebelumnya hingga kemampuan untuk memotong video dan memasangnya di lock screen (layar kunci).

Dengan pembaruan ini, pengguna ponsel Samsung bakal menikmati sejumlah fitur baru, termasuk serangkaian opsi tema warna yang lebih banyak, opsi menggabungkan widget untuk menghemat ruang di layar, kontrol baru untuk memblokir notifikasi dari aplikasi tertentu, dan pengalaman mode Samsung Dex yang ditingkatkan.

Selain pengalaman yang lebih personal, antarmuka ini juga diklaim menawarkan fitur keamanan yang ditingkatkan. Misalnya, One UI 5.0 akan memperingatkan pengguna ketika mereka membagikan foto yang mungkin memuat data penting seperti paspor atau kartu identitas lainnya.

Janji bakal lebih cepat ke depannya

Meski sudah lebih cepat dari tahun lalu, dalam sebuah postingan di situs resmi Samsung Newsroom, Samsung berjanji bakal terus menggelontorkan update OneUI lebih cepat, serta ke lebih banyak perangkat ke depannya.

Di Indonesia, update OneUI 5.0 berbasis Android 13 ini sudah menghampiri sejumlah ponsel Galaxy.

Karena sudah berbasis Android 13, nantinya, saat pemilik 8 model ponsel Galaxy di atas melakukan update OneUI 5.0, sistem operasi di ponsel Samsung juga akan otomatis ditingkatkan (upgrade) dari Android 12 ke Android 13.

Samsung pertama kali menyebar OneUI 5.0 untuk perangkat flagship Galaxy S22 series yang ada di Indonesia pada 1 November, sebagaimana diwartakan dalam artikel bertajuk "OneUI 5.0 Berbasis Android 13 Sudah Tersedia di Indonesia, Galaxy S22 Series Kebagian Pertama".

Samsung juga tidak menganaktirikan ponsel kelas menengah bikinannya dan mengesampingkan penggelontorkan update OneUI 5.0 untuk ponsel mid-range Galaxy A series.

Buktinya, pada bulan November dan hingga akhir Desember 2022, Samsung dijadwalkan menyebar update OneUI 5.0 untuk perangkat Samsung Galaxy A53 5G, Galaxy A33 5G, Galaxy A52s 5G, Galaxy A51 5G, dan Galaxy A32.

Pada 2023 mendatang, Samsung juga bakal lanjut menggelontorkan update OneUI 5.0 berbasis Android 13 untuk ponsel flagship dan mid-range yang lebih lawas.

https://tekno.kompas.com/read/2022/11/22/14225967/samsung-ungkap-mengapa-ponsel-galaxy-dapat-android-13-lebih-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke