Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Pameran Game di Dunia Alternatif E3, Layak Dinanti

Musababnya, sejumlah perusahaan gaming kenamaan seperti Microsoft, Sony, Nintendo, dan Ubisoft enggan berpartisipasi dalam pameran game di E3. Ada pula perusahaan yang memilih untuk membuat pamerannya sendiri.

Pada akhirnya, pembatalan bertubi-tubi ini mendorong penyelenggara E3 untuk mengurungkan niatnya dalam melanjutkan pelaksanaan pameran.

Meskipun E3 dibatalkan, musim panas yang identik dengan pengumuman game baru ini masih diramaikan oleh pameran lainnya. Berikut deretan pameran game yang 'menggantikan' E3, sebagaimana dicatat KompasTekno dari The Verge, Senin (3/4/2023).

Summer Game Fest

Gamers mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Geoff Keighley. Sebab, Keighley merupakan sosok di balik pameran game Summer Game Fest dan ajang penghargaan The Game Awards yang dilangsungkan setiap tahun.

Summer Game Fest yang hadir sebagai 'pengganti' E3 sejak 2020 umumnya menjadi wadah bagi developer game yang tidak menggelar pamerannya sendiri untuk menunjukkan karya terbarunya.

Nah, jurnalis game itu memastikan bahwa Summer Game Fest akan digelar tanggal 8 Juni di Los Angeles, tepatnya pukul 15:00 ET atau 12:00 PT. Acara yang juga disiarkan langsung di berbagai situs streaming seperti YouTube dapat disaksikan oleh gamers di Indonesia pada 9 Juni, pukul 02:00 WIB pagi.

Untuk edisi 2023, Summer Game Fest belum memberi sinyal terkait apa saja game yang akan muncul, kecuali Cyberpunk 2077: Phantom Liberty. Yang pasti, pihak penyelenggara tersebut menyebut bahwa acaranya akan menjadi Summer Game Fest yang terbesar dalam sejarahnya.

Xbox Games Showcase dan Starfield Direct

Microsoft akan menggelar Xbox Games Showcase dan Starfield Direct pada 11 Juni mendatang di Los Angeles. Seperti namanya, Xbox Games Showcase akan memamerkan trailer dari game-game yang akan hadir di konsol Xbox. Kebanyakan game ini biasanya juga akan tersedia di komputer (PC) lewat layanan berlangganan PC Game Pass.

Setelah pameran tersebut berakhir, gamers akan diajak untuk mengenal lebih dekat permainan role-playing game (RPG) besutan Bethesda lewat Starfield Direct.

Xbox belum merincikan detail lainnya seputar kedua pameran itu, seperti platform untuk menyaksikan dan jadwal acara.

Jika mengacu pada pameran Xbox pada tahun-tahun sebelumnya, seharusnya gelaran ini dapat disaksikan lewat situs YouTube atau Twitch. Karena disiarkan di Amerika Serikat, acara ini mulai dapat ditonton di Indonesia pada malam hari atau mungkin subuh esok harinya.

Pameran tersebut dimeriahkan pula oleh game indie Hollow Knight: Silksong yang dikonfirmasi akan meluncur Juni 2023 setelah bertahun-tahun tak berkabar.

Ubisoft Forward Live

Ubisoft sebelumnya dilaporkan akan hadir di pameran E3, tetapi akhirnya memilih untuk membuat pamerannya sendiri, baik untuk game yang digarapnya maupun yang diterbitkannya.

Pameran yang bertajuk Ubisoft Forward Live ini rencananya akan diadakan pada 12 Juni, pukul 10:00 PST secara offline di Los Angeles dan lewat livestream. Jika dikonversi, gamers di Indonesia dapat menyaksikan stream tersebut pada 13 Juni, pukul 00:00 WIB.

Seperti Ubisoft Forward Live sebelumnya, semestinya pameran ini dapat ditonton lewat YouTube dan Twitch.

Sebagai perbandingan, Ubisoft Forward Live pada September 2022 menunjukkan cuplikan pertama Assassin's Creed Mirage yang mengambil tempat di Baghdad.

Tak berhenti sampai Mirage saja, Ubisoft juga mengumumkan Assassin's Creed Red yang berlokasi di Jepang dan Assassin's Creed: Project Jade dengan setting China.

Di luar tiga pameran tersebut, masih ada sejumlah perusahaan yang biasanya ikut 'unjuk gigi' pada musim panas dengan pamerannya masing-masing. Sebut saja Nintendo, PlayStation, dan EA.

Hanya saja, ketiga perusahaan raksasa tersebut belum mengonfirmasi akan membuat pameran, sehingga belum bisa dimasukkan ke dalam daftar di atas. Mari kita tunggu saja informasi lanjutnya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/03/19110067/3-pameran-game-di-dunia-alternatif-e3-layak-dinanti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke