Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] Fitur Berbayar ChatGPT Kini Digratiskan | Bocoran Daftar HP Xiaomi yag Bakal Kebagian MiUI 15

Selain itu, ada pula berita lain soal pengguna WhatsApp beta yang mulai kebagian fitur multi-akun. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna mengakses beberapa akun WhatsApp sekaligus dari satu perangkat.

Berita lain yang juga cukup banyak dibaca adalah soal bocoran daftar ponsel Xiaomi yang bakal mendapat update antarmuka terbaru, yakni MiUI 15. MiUI 15 sudah dirilis Xiaomi 5 Agustus lalu.

Berikut rangkuman berita teknologi terpopuler KompasTekno.

Chatbot ChatGPT mulai menggratiskan fitur Custom Instructions alias intruksi khusus. Fitur ini sebelumnya hadir secara eksklusif untuk pengguna berbayar.

Dengan fitur ini, pengguna ChatGPT bisa memberikan intruksi khusus kepada chatbot AI ini ketika menjawab pertanyaan. Fitur Custom Instructions ini pada dasarnya memberikan kontrol yang lebih leluasa kepada pengguna.

Pengguna bisa menambahkan berbagai preferensi dan persyaratan yang perlu dipertimbangkan oleh ChatGPT saat merespons. Selengkapnya bisa menyimak artikel "Fitur Berbayar ChatGPT Kini Digratiskan, Bisa Dicoba di Indonesia".

Pengguna WhatsApp beta mulai kebagian fitur multi-akun

Pengguna WhatsApp Android versi beta mulai kebagian fitur multi-akun. Fitur ini memungkinkan pengguna gonta-ganti akun WhatsApp tanpa perlu berpindah perangkat.

Jadi, aplikasi WhatsApp yang terpasang di satu perangkat seperti smartphone, bisa menampung beberapa akun. Penggna WhatsApp Beta yang "beruntung" akan menemukan fitur multi-account di menu Pengaturan (Settings).

Fitur itu muncul di deret detail profil pengguna, tepat di samping kode QR akun, seperti gambar di bawah ini. Selengkapnya bisa disimak di artikel "Pengguna WhatsApp Beta Mulai Kebagian Fitur Multi-Akun".

WhatsApp siapkan fitur undangan video call'

Masih soal WhatsApp. Kali ini, WhatsApp kabarnya akan menyiapkan fitur undangan video call yang mirip Zoom. Fitur tersebut bernama "schedule group calls".

Menurut laporan situs yang kerap memberi bocoran fitur baru WA dengan akurat, WABetaInfo, fitur schedule group calls ini sedang diuji coba kepada pengguna. Adapun uji coba tersebut dilakukan mulai Kamis (10/8/2023) di WhatsApp beta versi 2.23.17.7, 2.23.17.5, dan 2.23.17.6 di perangkat Android.

Pengguna WhatsApp beta bisa menjadwalkan panggilan dengan mengeklik ikon gagang telepon. Nantinya, pengguna bisa memasukkan judul, tanggal, dan waktu panggilan grup.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih jenis panggilan grup antara video call atau voice call.
Selengkapnya bisa disimak di artikel "WhatsApp Siapkan Fitur Undangan Video Call Grup yang Mirip Zoom".

Sebuah konsol Sony PlayStation 5 (PS5) mengalami panas berlebih alias overheat saat digunakan dalam kompetisi e-sports Evo 2023 yang digelar di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS) pada 5 Agustus - 6 Agustus 2023 kemarin.

Bahkan karena saking panasnya, port USB di PS5 tersebut sampai meleleh. Kejadian ini diungkap oleh beberapa peserta yang mengikuti turnamen Evo 2023 melalui media sosial X Twitter.

Pengguna dengan handle @Kyoku236HS yang bermain Street Fighter 6 di kompetisi tersebut, mengaku bahwa ada bekas plastik USB PS5 (berwarna biru) yang menempel di kabel USB controller PS5 miliknya.

Hal ini terjadi karena komponen plastik di USB PS5 meleleh karena kepanasan, sehingga plastik tersebut menempel di kabel USB yang sebelumnya tersambung.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Konsol PS5 Overheat di Turnamen E-sports, Port USB Sampai Meleleh".

Dalam sebuah acara yang digelar di China pada 5 Agustus lalu, Xiaomi sedikit demi sedikit mengungkap kehadiran tampilan antarmuka baru, MIUI 15.

Dalam acara tersebut, Xiaomi memperlihatkan sebuah slide bertuliskan “MIUI 15”, didominasi oleh warna merah muda (pink) sebagai latar belakang, serta angka "5" berwarna putih di atasnya.

Artinya, Xiaomi memastikan bahwa MIUI 15 memang tengah dikembangkan, setelah selama ini perusahaan menutup rapat-rapat informasi tersebut. Kendati begitu, Xiaomi belum merinci fitur baru apa saja yang dibawa MIUI 15.

Tidak diketahui alasan Xiaomi menonjolkan angka "5". Namun, Xiaomi mengatakan bahwa Redmi K60 Ultra yang konon bakal meluncur sebentar lagi, akan menjadi salah satu ponsel pertama mendapat antarmuka MiUI 15.

Meski kehadiran MIUI 15 belum diumumkan secara resmi, sudah ada bocoran tentang model perangkat-perangkat Xiaomi yang akan kebagian software ini.

Daftar selengkapnya bisa disimak di artikel "Bocoran Daftar HP Xiaomi yang Bakal Kebagian MiUI 15".

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/12/07000017/-populer-tekno-fitur-berbayar-chatgpt-kini-digratiskan-bocoran-daftar-hp-xiaomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke