Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Trik Rahasia Google yang Jarang Diketahui, Bisa Muncul Game dan Animasi Unik

KOMPAS.com - Google Search atau Google.com punya fungsi utama untuk menjelajah website dan mencari informasi. Akan tetapi, selain fungsi utama tersebut, terdapat trik rahasia Google yang jarang diketahui pengguna.

Trik rahasia Google ini bisa memunculkan game mini dan animasi unik. Game dan animasi unik rahasia di Google itu tak bisa diakses secara langsung.

Trik rahasia Google untuk memunculkan game dan animasi itu hanya dapat diakses dengan memasukkan kode khusus di Google Search.

Ada banyak game dan animasi unik yang bisa dijajal pengguna lewat trik rahasia Google. Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah daftar trik rahasia Google yang bisa dipakai buat mengakses game dan animasi unik di Google Search.

Pertama, coba googling kata “DVD screensaver” di Google.com. Hasilnya bakal terdapat animasi logo “Google” yang memantul-mantul di halaman pencarian. Animasi ini mirip dengan animasi pada screensaver perangkat pemutar DVD.

Pengguna juga bisa googling kode rahasia “Google in 1998”. Saat hasil pencarian telah muncul, pengguna bakal disajikan dengan animasi halaman Google.com lawas yang ada dirilis pada 1998.

3. Marquee HTML

Ketiga, cobalah untuk mencari kata ini “Marquee HTML” di Google.com. Selanjutnya, pengguna bakal disajikan dengan animasi tulisan bergerak pada kolom jumlah hasil pencarian. Dalam kondisi baisa, tulisan jumlah hasil pencarian itu tak bergerak.

Animasi itu pada dasarnya mencerminkan konsep Marquee HTML. Untuk diketahui, Marquee HTML sendiri adalah perintah pada bahasa pemrograman HTML yang dapat membuat tulisan bergerak ke kanan, kiri, atas, atau bawah, secara otomatis.

4. Blink HTML

Selanjutnya, ada kode rahasia Google “Blink HTML”. Saat kode itu dicari di Google.com, pengguna bakal disajikan dengan animasi halaman hasil pencarian yang berkedip-kedip (blink). Beberapa teks pada halaman hasil pencarian akan berkedip otomatis.

Animasi berkedip itu juga merepresentasikan dari konsep Blink HTML. Untuk diketahui, Blink HTML sendiri adalah salah satu perintah pada bahasa pemrograman HTML untuk membuat teks di website berkedip.

Kelima, pengguna bisa mengakses animasi berbentuk Love yang unik di Google Seach. Animasi love ini cukup unik karena bentuk Love tersebut dihasilkan dari representasi formula matematika pada sebuah diagram.

Pengguna bisa memasukkan formula matematika di bawah ini pada Google.com untuk mengakses animasi Love itu:

  • sqrt(cos(x))*cos(300x)+sqrt(abs(x))-0.7)*(4-x*x)^0.01, sqrt(6-x^2), -sqrt(6-x^2) from -4.5 to 4.5

6. Google Logo History

Keenam, ada kode rahasia “Google Logo History”. Saat kata tersebut di googling, pengguna bakal disajikan dengan slide yang berisi beberapa logo Google. Di slide itu, pengguna bisa melihat logo Google dari awal rilis hingga kini.

7. Do a Barrel Roll

Pengguna bisa mencoba untuk mencari kode rahasia ini “Do a Barrel Roll”. Hasilnya, pengguna bakal disajikan dengan animasi halaman hasil pencarian Google.com bakal berputar 360 derajat sebanyak dua kali.

Untuk game rahasia di Google yang pertama, ada Snake. Game ini terinspirasi dengan permainan Snake yang pernah populer di ponsel lawas. Pengguna bisa menggerakkan karakter ular dengan tombol navigasi untuk memakan item yang muncul.

Semakin banyak item yang dimakan maka semakin tinggi juga skor yang bakal diperoleh. Untuk mulai memainkan game Google ini, pengguna bisa mengetik kata kunci "Snake" di kolom pencarian Google.

Berikutnya, ada game Pac Man. Cara main Pac Man hampir sama dengan Snake, penggguna menggerakkan karakter Pac-Man berbentuk bulat warna kuning, untuk memakan item yang tersedia.

Di Pac Man, pengguna tidak hanya memakan item, tetapi juga harus menghindari penjaga. Apabila tertangkap maka pengguna bakal gagal untuk melaju ke level berikutnya. Game Google yang seru ini bisa ditemukan dengan mengetik "Pac-Man" di Google.com.

10. Tic Tac Toe

Kemudian, game yang bisa dimainkan di Google adalah Tic Tac Toe. Dalam Tic-tac-toe, pengguna diminta untuk menyusun tiga tanda "X" atau "O" secara berurutan horizontal, vertikal, atau menyilang.

Terdapat tiga level kesulitan di game Tic-tac-toe, antara lain level Mudah, Sedang, dan Sangat Sulit. Lawan Tic-tac-toe di Google bukan manusia, melainkan komputer yang juga bakal menyusun tiga tanda "X" atau "O".

Game yang bisa dimainkan di Google ini dapat dicari dengan kata kunci "tic tac toe" pada Google Search atau Google.com.

11. Pulau Juara

Game rahasia di Google yang berikutnya adalah Pulau Juara. Game ini secara khusus diluncurkan Google untuk memperingati Olimpiade Tokyo pada 2020. Terdapat banyak permainan bertemakan kompetisi olahraga di game Pulau Juara.

Dalam game Pula Juara, pengguna dengan karakter ninja kucing bakal diajak berkeliling di suatu pulau untuk mengikuti permainan seperti kompetisi olahraga dan memenangkannya.

Pengguna bisa menjajal permainan kompetisi olahraga itu di tujuh bidang, seperti tenis meja, skateboard, panahan, rugby, renang artistik, panjat tebing, serta maraton. Game Google yang seru ini bisa diakses dengan mengetik kata kunci "Pulau Juara" di kolom pencarian Google.

Setelah itu, ada juga Coding sebagai game rahasia di Google. Game ini dirilis pada tahun 2017 untuk memperingati 50 tahun keberadaan bahasa pemrograman untuk anak-anak. Game Google ini mengusung permainan yang memuat semacam logika pemrograman.

Dalam game Coding, pengguna diminta untuk menggerakkan karakter kelinci dengan memasukkan perintah pada kolom yang tersedia. Game ini bisa diakses dengan mengetik kata kunci "Coding" di kolom pencarian Google.

13. Suara Hewan

Selanjutnya, game yang bisa dimainkan di Google adalah Suara Hewan. Game Suara Hewan tidak memiliki karakter atau objek yang harus digerakkan. Game ini dibuat agar pengguna mengetahui beragam jenis suara hewan.

Dalam game Google ini, pengguna bisa mendengarkan beragam jenis suara hewan, seperti suara buaya, singa, anjing, badak, harimau, dan sebagainya. Game rahasia di Goole ini bisa diakses dengan mengetik kata kunci "Suara Hewan" pada Google Search.

14. Kuis Hari Bumi

Keempat Belas, game yang bisa dimainkan di Google adalah Kuis Hari Bumi. Sama seperti game Suara Hewan di atas, game Kuis Hari Bumi juga tidak memiliki karakter atau objek yang harus digerakkan untuk memainkannya.

Game Kuis Hari Bumi bakal meminta pengguna untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan kepribadian. Dari jawaban tersebut, Google akan menampilkan kemiripan kepribadian pengguna dengan hewan tertentu.

Salah satu game Google yang seru ini bisa diakses dengan memasukkan kata kunci “Kuis Hari Bumi” di kolom pencarian Google Search.

15. Solitare

Solitaire yang dulu cukup populer di komputer Windows menjadi salah satu game rahasia yang bisa dimainkan di Google. Solitaire di Google mewajibkan pengguna untuk menyusun kartu remi secara urut dari yang terbesar ke terkecil.

Game Google yang seru ini punya dua tingkat kesulitan, yakni Mudah dan Sulit, yang membedakannya adalah acakan kartu untuk disusun. Apabila pengguna memilih level Sulit maka acakan kartunya bakal lebih rumit. Untuk mengaksesnya, ketik kata kunci “Solitare”.

Itulah daftar trik rahasia Google yang bisa dicoba secara gratis. Sebagai informasi tambahan, game dan animasi unik rahasia itu sejatinya merupakan layanan easter egg Google, yang hanya bisa diakses dengan kode khusus.

Untuk diketahui, easter egg Google merupakan layanan kejutan yang biasanya muncul secara tiba-tiba untuk memperingati kejadian tertentu. Easter egg Google itu bisa berupa game atau animasi seperti yang tertera pada daftar di atas.

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/10/12000067/15-trik-rahasia-google-yang-jarang-diketahui-bisa-muncul-game-dan-animasi-unik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke