Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

13 HP Xiaomi dengan MIUI 14 Beta Ini Tidak Lagi Dapat Update Fitur Baru

Sejumlah pengguna model HP Xiaomi/Redmi global, termasuk di Indonesia, juga sudah bisa men-download MIUI 14 berbasis Android 13 pada Februari lalu.

Smartphone yang belum kebagian MIUI 14 versi stabil, bisa mengunduh MIUI 14 versi beta untuk merasakan fitur-fitur baru yang hadir.

Namun, per 23 September 2023 ini Xiaomi menghentikan pembaruan sistem antarmuka MIUI 14 versi beta untuk total 13 model ponsel Redmi dan Xiaomi.

Biasanya, Xiaomi merilis update mingguan untuk MIUI 14 versi beta. Update tersebut bisa berisi fitur baru atau perbaikan bug yang ditemukan di antarmuka tersebut.

Nah, berikut ini adalah daftar ponsel Xiaomi dan Redmi yang tidak lagi kebagian update MIUI 14 versi beta:

  • Xiaomi 11
  • Xiaomi 11 Pro
  • Xiaomi 11 Ultra
  • Redmi K40S
  • Redmi Note 11T Pro
  • Redmi Note 11T Pro+

Model smartphone yang tertera di atas, tidak akan lagi menerima update atau pembaruan MIUI 14 versi beta setelah 22 September 2023. Namun, smartphone tersebut nantinya akan tetap mendapat MIUI 14 versi stabil dan Android 14.

Selain itu, Xiaomi juga menunda update MIUI 14 versi beta untuk smartphone berikut ini:

  • Xiaomi 13 Ultra
  • Xiaomi 13 Pro
  • Xiaomi 13
  • Xiaomi MIX Fold 3
  • Xiaomi MIX Fold 2
  • Redmi K60 Pro
  • Redmi K60

Smartphone yang masuk dalam daftar di atas, tidak akan menerima pembaruan MIUI 14 beta mulai 23 September. Bedanya, update MIUI 14 versi beta untuk smartphone di atas akan kembali bisa diunduh setelah smartphone tersebut mendapat pembaruan ke Android 14. 

Dari daftar tersebut, ada perangkat yang dipasarkan di Indonesia, yakni Xiaomi 11.

Sebelum versi stabil dirilis, pengguna HP Xiaomi/Redmi memang bisa lebih dulu menjajal fitur-fitur terbaru MIUI 14 dengan men-download versi beta. Pengguna pun mendapatkan update mingguan untuk MIUI 14 beta untuk menjajal fitur baru.

Versi software ini masih banyak bug karena pengembangan yang belum sempurna. Nah, kini, Xiaomi menghentikan update mingguan MiUI 14 beta untuk 13 HP Xiaomi/Redmi di atas.

Cara update MiUI 14 di HP Xiaomi

Pengguna Xiaomi di Indonesia sudah bisa mengecek pembaruan MiUI 14 versi stabil. Berdasarkan percobaan KompasTekno di Xiaomi 12 Pro, ponsel ini sudah kebagian MiUI 14.

Cara update MiUI 14 di HP Xiaomi bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Buka "Setting/Pengaturan".
  • Klik "About Phone/Tentang ponsel".
  • Apabila sudah mendapat update MiUI 14, di sisi kiri atas akan muncul tulisan "Update" di bawah tulisan MiUI 13.
  • Tunggu proses download selesai.
  • Sistem akan melakukan pembaruan secara otomatis.

Jika beberapa pengguna masih belum mendapatkan informasi pembaruan dari MiUI 14, jangan berkecil hati karena penggelontoran MiUI 14 versi stabil masih berjalan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Senin (25/9/2023).

MiUI 14 dirilis dengan opsi manajemen notifikasi baru karena pengguna bisa menghapus daftar notifikasi hanya dengan satu kali swipe.

Notifikasi dari aplikasi yang baru dipasang juga harus mendapat persetujuan pengguna sebelum bisa tampil di daftar notifikasi.

2. Mengambil teks dari gambar

MiUI 14 dilengkapi dengan fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang bisa mengambil teks dari gambar. Selain itu, pengguna juga bisa menekan (press) dan menahan (hold) teks pada gambar yang tersimpan di Galeri, untuk mengenali teks tersebut.

Fitur yang melibatkan teks itu mendukung sampai delapan bahasa yang berbeda. Selain teks pada gambar, MiUI 14 juga menyediakan fitur live text untuk konferensi video.

3. Kemampuan asisten Mi AI yang ditingkatkan

Pada MiUI 14, asisten suara Mi AI juga ditingkatkan dengan berbagai fitur. Pengguna bisa memanfaatkan asisten suara itu untuk memberikan perintah pindai dokumen misalnya, terjemah, hingga memfilter telepon spam.

4. Integrasi dengan perangkat lain

MiUI 14 memungkinkan pengguna terhubung ke aneka produk ekosistem dengan mulus. Xiaomi mengeklaim ada lebih dari satu miliar perangkat yang didukung, dan pengaturannya ditampilkan pada antarmuka yang berbeda untuk setiap perangkat.

5. Xiaomi Magic Center

6. Family Service

MiUI 14 disebut lebih ramah keluarga karena memungkinkan pengguna membuat grup dengan delapan anggota. Pengguna juga bisa mengatur kendali atau izin akses setiap anggota.

Pada grup ini, pengguna bisa saling berbagi album foto dan setiap anggota bisa melihat atau mengunggah foto baru.

Selain foto, Family service juga bisa digunakan untuk saling berbagi data kesehatan termasuk detak jantung, kadar oksigen dalam darah, hingga data pelacakan tidur pengguna.

Ada pula berbagai opsi kontrol orang tua yang bisa mengatur berapa lama screen time atau waktu layar untuk anak, membatasi penggunaan aplikasi dan lain sebagainya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/25/14040067/13-hp-xiaomi-dengan-miui-14-beta-ini-tidak-lagi-dapat-update-fitur-baru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke