Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sempat Laku Keras, Game Mobile "Kim Kardashian: Hollywood" Bakal Ditutup

Hal ini diungkapkan oleh Glu Mobile selaku pengembang permainan game mobile gratis (free to play) tersebut.

Menurut forum resmi Glu Mobile, game yang memungkinkan pemain menjadi selebritas di bawah bimbingan artis Kim Kardashian ini, sudah dihapus dari semua toko aplikasi sehingga pengguna tidak bisa lagi mengunduhnya.

"Kami telah membuat kesepakatan untuk menghentikan layanan Kim Kardashian: Hollywood. Mulai hari ini, game tersebut tidak lagi menawarkan pembelian dalam aplikasi," tulis moderator forum Glu Mobile dengan handle @eggsandbananas.

"Game juga akan dihapus dari semua toko aplikasi dan tidak lagi tersedia untuk diunduh," imbuhnya.

Meski sudah dihapus di Apple App Store (iOS) dan Google Play Store (Android), pengguna yang memiliki aplikasi Kim Kardashian: Hollywood di perangkatnya masih bisa bermain hingga 8 April 2024.

Mereka juga bisa menggunakan mata uang ingame K-stars hingga tenggat waktu tersebut.

Ketika membuka game itu, pemain akan mendapatkan peringatan bahwa pembelian dalam game sudah dimatikan, dan dukungan game tersebut bakal disetop pada April 2024. Setelah tanggal itu, semua pemain tidak bisa lagi memainkan Kim Kardashian: Hollywood.

Pemain yang memiliki langganan VIP diimbau untuk membatalkan langganan secara mandiri. Adapun VIP merupakan sistem langganan berbayar yang memberikan pengguna pakaian eksklusif, tambahan batas energi, K-stars, dan masih banyak lagi.

"Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan untuk Kim Kardashian: Hollywood. Anda akan selalu berada dalam A-list (sebutan untuk selebritas paling populer di dunia) kami," tutup @eggsandbananas sebagaimana dikutip KompasTekno dari forum Glu Mobile, Senin (8/1/2024).

Kim Kardashian selaku sosok yang menginspirasi game ini, mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada komunitas game mobile itu.

"Saya sangat berterima kasih dari lubuk hati saya yang terdalam, kepada semua orang yang mencintai dan memainkan game Kim Kardashian: Hollywood dalam sepuluh tahun terakhir," kata Kim kepada situs berita selebritas TMZ.

"Perjalanan ini sangat berarti bagi saya, tetapi saya menyadari bahwa inilah saatnya untuk memfokuskan energi ke minat saya yang lain. Saya ingin berterima kasih kepada tim Glu, dan banyak orang di belakang layar yang bekerja keras untuk menyukseskannya," lanjut Kim.

Adapun Kim Kardashian memang aktif dalam pengembangan game mobile itu. Ia menyeleksi daftar pakaian yang bisa diimplementasi ke dalam game, berbagai tonggak produksi dalam game, dan lain seterusnya.

Tercatat bahwa Kim Kardashian: Hollywood meraup keuntungan sebesar 1,6 juta dollar AS (sekitar Rp 24,8 miliar) hanya dalam lima hari.

Lalu pada 2016, game ini mencatat penjualan sebesar 156 juta dollar AS (setara Rp 2,4 triliun). Game ini kemudian mengumpulkan jutaan dollar AS pada tahun-tahun berikutnya.

Sebagai perbandingan, penghasilan Kim Kardashian: Hollywood dalam satu kuartal pada tahun 2014 lebih besar dibanding penghasilan sepuluh game Glu Mobile lainnya, mulai dari Deer Hunter 2014, Stardom Hollywood, hingga Eternity Warriors 3.

Kim Kardashian: Hollywood juga dipilih sebagai salah satu game dalam daftar 100 game terbaik di dekade 2010-2019 versi situs game Polygon. Game simulasi tersebut menempati posisi 86. Polygon mengatakan game ini menyenangkan dan dipenuhi drama selebritas.

Dalam game ini pemain bisa memainkan sosok serupa Kim Kardashian yang mengawali karier dari orang biasa hingga menjadi selebritas Hollywood.

Sehari sebelum kabar suntik mati Kim Kardashian: Hollywood, seorang pemain membuat petisi di situs change.org agar Glu Mobile menghidupkan kembali game tersebut. Petisi itu ditandatangani oleh 3.076 pengguna.

Kemudian di forum Reddit, berbagai pengguna juga mengunggah posting untuk mengekspresikan kesedihannya.

"Jika Kim Kardashian: Hollywood disetop, pakaian apakah yang Anda gunakan ke kuburan? Saya rasa ini menjadi cara yang baik untuk mengatasi rasa stres saya terkait game ini," tulis seorang pengguna dengan handle @RedButterNoodle.

"Saya sedih karena game ini merupakan satu-satunya permainan yang memungkinkan saya mengenakan pakaian mahal. Dalam kehidupan nyata, saya bahkan tidak bisa melihat pakaian Roberto Cavalli secara langsung," kata pengguna dengan handle @julie3151991.

"Saya sangat sedih. Saya mencoba menjelaskan kesedihan ini kepada teman saya, tetapi mereka tidak mengerti kenapa saya terlalu emosional untuk sebuah game mobile. Semoga petisi dan tangisan kami benar-benar didengar oleh Glu Mobile," tulis pengguna dengan handle @IndividualAny7562.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/07/10020077/sempat-laku-keras-game-mobile-kim-kardashian-hollywood-bakal-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke