Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Game Gratis PS Plus Juli 2024, Ada "Borderlands 3"

Bulan ini, pengguna bisa menikmati tiga game gratis di konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5), yakni Borderlands 3, Among Us, dan NHL 24. Pengguna PlayStation 4 biasanya harus membeli untuk memainkan game ini.

Berikut ini adalah daftar harga masing-masing game sebelum digratiskan bulan ini:

  • Borderlands 3 - Rp 890.000
  • Among Us - Rp 69.000
  • NHL 24 - Rp 849.000 di PS4, Rp 1 juta di PS5

Ketiga game ini bisa dimainkan cuma-cuma jika gamer berlangganan layanan PS Plus. Harga berlangganan PS Plus sendiri paling murah dibanderol Rp 89.000 per bulannya.

Ketiga game ini dapat diklaim mulai 2 Juli 2024 mendatang.

Game tembak-menembak (shooter) ini mengambil waktu sekitar tujuh tahun setelah ending Borderlands 2. Pengguna ditugaskan untuk menghentikan si kembar Calypso Twins dari usahanya untuk menguasai galaksi.

Dari sisi gameplay, Borderlands 3 masih mirip seperti sejumlah pendahulunya.

Artinya, pengguna awalnya akan memilih karakter yang dimainkan, yang memiliki kemampuannya (skill) masing-masing, kemudian menelusuri peta yang luas (open-world).

Ada empat karakter yang bisa dipilih, yaitu Zane, Amara, Moze, dan FL4K. FL4K, misalnya, didampingi monster yang bisa membantunya menyerang musuh atau mengalihkan perhatian, sedangkan Moze dapat memanggil robot besar yang bisa dikontrol.

Ketika melawan musuh atau mengerjakan misi yang tersebar di peta Borderlands 3, karakter pengguna akan naik level. Begitu naik level, pengguna bisa mengalokasikan poin untuk mendapatkan kemampuan baru di skill tree.

Keunikan Borderlands 3 juga terletak pada senjatanya.

Permainan looter shooter ini memiliki banyak senjata dengan kegunaan yang unik, mulai dari senapan yang mempunyai kaki dan bisa mengejar musuh, hingga senapan rifle yang mengeluarkan lahar gunung berapi.

Borderlands 3 turut dibekali fitur multiplayer, sehingga pengguna bisa "mabar" secara online bersama ketiga temannya untuk mengerjakan misi cerita yang tersedia. Dengan begitu, pengguna dapat saling menutupi kelemahan karakter yang digunakan.

Among Us merupakan permainan deduksi sosial yang bisa dimainkan bersama empat hingga 15 pemain.

Game yang mengambil tempat di pesawat luar angkasa ini membagi pemain tersebut menjadi dua kubu, yaitu Crewmate dan Impostor.

Crewmate bertugas untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu demi mengaktifkan pesawat luar angkasa tersebut. Pada saat yang sama, Crewmate harus mengendus kira-kira siapa di antaranya yang merupakan Impostor.

Sementara itu, Impostor harus berpura-pura menjadi Crewmate. Impostor wajib mencari cara "membunuh" Crewmate tersebut tanpa ketahuan oleh Crewmate lainnya.

Ketika game berlangsung, pengguna dapat menjalankan pertemuan darurat (emergency meeting), misalnya ketika menemukan "mayat" Crewmate lainnya.

Dalam momen ini, setiap pemain yang masih hidup akan berdiskusi dan membuktikan bahwa dirinya bukan Impostor. Hal ini dilakukan dengan menulis teks di kolom obrolan (chat) yang tersedia, atau dengan menggunakan chat suara (voice chat).

Pengguna bisa membuka pemungutan suara (voting) untuk menentukan siapa pemain yang ingin dikeluarkan dari pesawat (eject).

Di sini, Crewmate mesti cerdik dan menganalisis apakah setiap orang yang berbicara itu berbohong atau tidak. Di sisi lain, Impostor harus mengelabui dan memastikan dirinya tidak dikeluarkan dari pesawat.

Among Us mendukung multiplayer lintas platform di konsol, PC, Android, dan iOS.

Semenjak peluncurannya, game ini menghadirkan lebih banyak lagi mode, peta, kustomisasi karakter, dan kelas (role).

3. NHL 24

NHL 24 adalah game simulasi olahraga hoki es (ice hockey) yang dikembangkan oleh EA Vancouver dan diterbitkan oleh EA Sports. Dengan begitu, game ini bisa dibilang sebagai "saudara" dari game EA Sports FC, Madden NFL, UFC, F1, dan PGA Tour.

Mekanisme game ini secara garis besar masih sama seperti NHL sebelumnya, karena sama-sama merupakan game hoki es yang mempertandingkan dua tim berbeda.

Bedanya, NHL 24 dilengkapi dengan sejumlah fitur baru seperti Exhaust Engine. Fitur ini memungkinkan pengguna merasakan intensitas pertandingan hoki es sungguhan.

Sistem ini dibagi menjadi dua, yaitu Sustained Pressure dan Goalie Fatigue.

Dengan sistem Sustained Pressure, setiap penyerang akan mendapatkan tambahan atribut status ketika mereka bermain di dekat gawang musuh.

Atribut yang ditingkatkan mencakup kecepatan, ketahanan, operan (passing), kontrol bola puck, dan lain seterusnya.

Pada saat yang sama, tim yang bermain defensif mendapatkan pengurangan status dan stamina. Pengurangan ini akan hilang apabila bola puck dipukul menjauh dari gawang, atau ketika gawang timnya "kebobolan".

Di sisi lain, sistem Goalie Fatigue membuat penjaga gawang mudah lelah setelah berulang kali melakukan intervensi gol. Artinya, tim penyerang bisa mencetak gol pada peluang-peluang berikutnya.

NHL 24 turut mendukung multiplayer lintas platform di konsol PS5, PS4, Xbox Series X/S, dan Xbox One.

Pelanggan PS Plus periode Juli 2024 juga berhak mengeklaim hadiah Genshin Impact PlayStation Plus Pack.

Paket ini bisa diunduh mulai 16 Juli mendatang, dan dapat diakses setelah gamer menginstal Genshin Impact secara gratis.

Berikut ini deretan item dalam Genshin Impact PlayStation Plus Pack sebagaimana dikutip KompasTekno dari PlayStation Blog, Minggu (30/6/2024):

  • 160 Primogems
  • 4 Fragile Resin
  • 20 Hero’s Wit
  • 30 Mystic Enhancement Ore
  • 150.000 Mora × 150,000

Pelanggan PS Plus yang ingin mengeklaim game gratis bulan Juni 2024, yakni SpongeBob SquarePants: The Cosmic Shake, AEW Fight Forver, dan Streets of Rage 4 masih bisa melakukan itu hingga 1 Juli nanti.

https://tekno.kompas.com/read/2024/06/30/19000047/daftar-game-gratis-ps-plus-juli-2024-ada-borderlands-3-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke