Kompas.com - 12/12/2013, 11:26 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perusahaan Canonical yang mengembangkan sistem operasi Ubuntu Touch untuk perangkat mobile, telah menandatangani kesepakatan pertama dengan produsen ponsel yang bersedia mengadopsi Ubuntu Touch.

Pendiri Canonical Mark Shuttleworth, tidak menyebut produsen apa yang akan membuat ponsel berbasis Ubuntu. Namun yang jelas, ia menjanjikan ponsel tersebut terbilang kategori premium dan akan dipasarkan pada 2014.

“Kami telah membuat kesepakatan pertama kami untuk mengapalkan ponsel Ubuntu. Itu memiliki dampak besar untuk tim kami,” kata Shuttleworth, seperti dikutip dari CNet, Rabu (11/12/2013).

Canonical punya pengalaman mengembangkan Ubuntu untuk komputer pribadi. Namun, di kancah mobile, Ubuntu Touch harus bersaing dengan Android buatan Google dan iOS buatan Apple.

Shuttleworth menyadari di hadapannya ada pemain besar, belum lagi Canonical harus menghadapi Windows Phone buatan Microsoft, Firefox OS dari Mozilla, dan Tizen yang dikembangkan Intel dan Samsung.

Ia yakin Ubuntu Touch akan mendapat perhatian karena didasarkan atas pemrograman yang fleksibel serta tampilan antarmuka yang baik. Ia tak ingin Ubuntu Touch hanya mendapatkan ceruk kecil dari pasar ponsel.

Untuk merealisasikan hal itu, Canonical telah menjalin kerjasama dengan perusahaan teknologi berbasis internet, seperti LinkedIn, Facebook, Evernote, Baidu, dan Pinterest. Mereka diminta membuat aplikasi untuk Ubuntu Touch.

Canonical juga mendapat dukungan dari operator telekomunikasi besar, seperti Vodafone, 3, EE, KT, SK Telecom, Verizon, Deutsche Telecom, T-Mobile, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.