Kompas.com - 24/12/2013, 10:24 WIB
BlackBerry Q5 Oik Yusuf/KOMPAS.comBlackBerry Q5
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Laporan keuangan BlackBerry yang diumumkan Jumat (20/12/2013) minggu lalu turut mengungkap bahwa perusahaan tersebut membatalkan dua proyek smartphone lantaran didera kesulitan finansial.

Dokumen US Securities and Exchange Commission menyebutkan bahwa hal itu harus dilakukan untuk "mengatasi masalah inventori". BlackBerry memang mencatat penurunan nilai buku sebesar 1,6 miliar dollar AS akibat produk yang belum laku terjual.

BlackBerry tidak merinci proyek smartphone mana persisnya yang dibatalkan. Tapi, sumber yang dilansir oleh The Wall Street Journal mengatakan bahwa kedua ponsel dimaksud memiliki kode nama "Cafe" dan "Kopi".

Dua smartphone tersebut merupakan model low-end yang sedianya bakal dirilis untuk pasar negara berkembang. Kini rencana tersebut batal terwujud.

Meski begitu, BlackBerry juga mengumumkan tengah mengembangkan perangkat ekonomis lain dengan kode nama "Jakarta". Ponsel ini merupakan model pertama yang akan diproduksi oleh Foxconn di Indonesia, setelah meneken perjanjian kerjasama selama lima tahun dengan BlackBerry.

BlackBerry juga dikabarkan sedang membuat sejumlah perangkat high-end, dengan kode nama "Ontario" dan "Windermere". Dua buah perangkat kelas atas terdahulu dari perusahaan tersebut, yakni BlackBerry Z10 dan Q10, dinilai gagal di pasaran.

CEO BlackBerry John Chen minggu lalu turut mengatakan pihaknya menginginkan Foxconn untuk merancang dan memproduksi semua jenis ponsel BlackBerry, termasuk jenis high-end

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.