Lebaran, Internet Naik Telepon Turun

Kompas.com - 31/07/2014, 07:35 WIB
Ilustrasi mengetik SMS Tabita Diela/Kompas.comIlustrasi mengetik SMS
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Trafik layanan internet (data) dari operator seluler tercatat mengalami kenaikan tertinggi saat momentum Lebaran tahun 2014 jika dibandingkan dengan layanan pesan singkat (SMS) dan telepon.

Trafik tertinggi terjadi pada H-1 atau di malam takbiran.

Operator seluler Telkomsel mencatat, trafik internetnya meningkat jadi 657 Terabytes atau tumbuh 129 persen dibandingkan dengan trafik momentum Lebaran tahun 2013.

Hal yang sama juga dialami XL Axiata. Operator yang memiliki 68 juta pelanggan itu mengalami peningkatan trafik internet 415 Terabytes pada H-1 Lebaran atau tumbuh 26,3 persen dibandingkan momentum Lebaran 2013.

Direktur Service Management XL Axiata, Ongki Kurniawan mengatakan, layanan internet telah menjadi pilihan favorit untuk menyampaikan pesan Lebaran.

"Pilihan ini didorong oleh semakin mudahnya penggunaan layanan data dengan beragam aplikasi yang tersedia seperti Facebook, Twitter, Path, Whatsapp, Line, BBM ataupun aplikasi pesan lainnya," kata Ongki dalam siaran pers kepada KompasTekno.

Menurut data kedua operator seluler, layanan SMS tidak mengalami peningkatan signifikan pada momentum Lebaran tahun ini. Ironisnya, layanan telepon dari kedua operator cenderung mengalami penurunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Trafik SMS Telkomsel pada H-1 Lebaran tercatat 1,01 miliar. Angka tersebut tumbuh 10 persen dibandingkan hari normal di tahun 2014 dan tumbuh 4 persen dibandingkan Lebaran 2013.

Layanan telepon mereka turun -2 persen menjadi 1.1 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik telepon di periode yang sama 2013.

Pada operator seluler XL, trafik layanan SMS tercatat 785 SMS pada H-1 Lebaran. Angka tersebut tumbuh 12,1 persen dibandingkan hari normal tahun 2014 dan tumbuh 40,1 persen dibandingkan Lebaran 2013.

Sementara trafik layanan telepon tercatat 440 juta menit atau turun -13,7 persen dibandingkan hari  normal di tahun 2014 dan turun -20 persen dibandingkan Lebaran 2013.

Sedangkan operator Tri melaporkan tidak adanya kendala atau gangguan di jaringan mereka sebelum maupun pada puncak hari raya. "Secara umum terjadi lonjakan trafik sejak H-7 hingga hari H pada semua layanan," sebut Randeep Sekhon, Chief Technology Officer Tri, dalam keterangannya.

Lonjakan tertinggi dilaporkan terjadi pada H-5. "Melonjak sebesar 13.8% dibandingkan hari biasa atau hampir 150% dibandingkan Lebaran tahun lalu," Randeep menambahkan.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.