Didukung Teknologi, Musisi Indie Indonesia Berprestasi

Kompas.com - 07/08/2014, 10:10 WIB
Bottlesmoker Dok Java Festival ProductionBottlesmoker
EditorWicak Hidayat

Menyambut Hari Kemerdekaan, selama 17 hari di bulan Agustus, KompasTekno bekerja sama dengan Ziliun akan menampilkan infografis terkait teknologi dan Indonesia.

KOMPAS.com - Musik indie adalah istilah yang merujuk pada musisi atau band yang tidak terafiliasi dengan major label atau studio besar. Mereka biasanya punya prinsip DIY alias do-it-yourself.

Mulai dari bikin lagu, rekaman, sampai bikin merchandise dan jualan, semua dilakukan atas biaya dan usaha sendiri.

Memang sebagian musisi menggunakan jalur indie karena memang tidak atau belum punya akses ke media mainstream, tapi sebagian lainnya memang memilih indie karena mereka ngga mau diatur pasar dan korporat besar yang cuma mau jualan dan dapat untung.

Mereka ngga mau diatur suruh bikin lagu yang mereka ngga suka cuma gara-gara ada target penjualan.

Ada banyak banget musisi Indonesia yang keren dan memilih untuk berkarya di jalur independen. Tapi itu sama sekali ngga bikin prestasi mereka ngga kedengeran. Justru mereka banyak diapresiasi oleh komunitas musik, baik di dalam sampai di luar negeri.

Berikut 17 musisi indie yang berprestasi:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ziliun Infografis 17 Musisi Indie yang Didukung Teknologi

Di jaman serba online ini, para musisi indie lebih terbantu dengan adanya internet. Ada banyak tools dan apps yang bisa digunakan untuk memproduksi sampai menyebarluaskan

musik mereka. Ngga cuma aplikasi untuk mengunggah dan sharing musik seperti Soundcloud, tapi juga YouTube untuk menampilkan video musik, atau berbagai social mediaseperti Facebook dan Twitter untuk promosi.

Ngga cuma itu, di Indonesia pun bermunculan banyak netlabel atau online label yang mendistribusikan musik melalui format digital.

Netlabel merilis album dari berbagai musisi seperti layaknya label mayor, tapi biasanya mereka menggratiskan album musik yang mereka rilis tersebut. Tujuannya supaya mendorong lebih banyak orang mendengarkan musik keren dari para musisi indie tersebut.

Selengkapnya, silakan cek di: http://ziliun.com/id/articles/ziliun17-musisi-indie-indonesia-berprestasi

#Ziliun17 adalah 17 rangkaian infografik atau data dalam bentuk visual seputar teknologi dan Indonesia. #Ziliun17 dipersembahkan untuk menyambut HUT Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus, yang dibuat oleh Ziliun.com, sebuah blog yang bertujuan merombak pola pikir anak muda untuk Indonesia lebih baik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X