Kompas.com - 15/10/2014, 10:17 WIB
Samsung harus menghadapi persaingan ketat dengan Lenovo dan Xiaomi. BBCSamsung harus menghadapi persaingan ketat dengan Lenovo dan Xiaomi.
|
EditorReza Wahyudi

 

KOMPAS.com - Samsung kembali menghadirkan inovasinya dalam teknologi informasi dengan memperkenalkan standar koneksi jaringan nirkabel Wi-Fi baru. Dengan koneksi baru ini, file video 1 GB, diklaim Samsung, bisa ditransfer hanya dalam tiga detik saja.

Standar Wi-Fi baru 60 GHz yang diperkenalkan Samsung, seperi dikutip KompasTekno dari Phone Arena (15/10/2014), memiliki kecepatan data 4,6 Gbps, atau 575 MB per detik.

Kecepatan itu sama dengan lima kali kecepatan rata-rata koneksi Wi-Fi standar yang ada saat ini, yaitu sekitar 866 Mbps, atau 108 MB per detik.

Dalam teknologi WiFi barunya itu, Samsung mengklaim telah berhasil mengatasi kendala interferensi co-channel yang terjadi, tak peduli berapa perangkat yang sedang terhubung secara bersamaan.

"Samsung berhasil menembus batas dan menciptakan teknologi WiFi dengan pita 60 GHz, kami berencana untuk mulai mengkomersilkan teknologi ini," demikian ujar Kim Chang Yong, pejabat dari Samsung Electronics,

Selain itu, teknologi 60 GHz yang dimiliki Samsung sebelumnya memiliki kelemahan dalam hal penetrasi sinyal yang lemah dan path loss, sehingga sinyal terlalu lemah untuk dipakai perangkat.

Namun, menurut Samsung, kendala tersebut berhasil diatasi dengan membuat desain sirkuit baru yang berbeda serta menggunakan apa yang disebut "beam forming antenna."

Menurut Samsung, pihaknya telah berhasil membuat metode yang memungkinkan beragam perangkat terhubung dengan satu jaringan secara simultan.

Samsung berharap jika teknologi ini sudah mulai tersedia, maka diharapkan akan menjadi standar Wi-Fi baru untuk telekomunikasi, bukan hanya untuk industri audio visual saja, namun juga perangkat medis dan perangkat Smart Home.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.