Petinggi Facebook: Mobile Mengubah Segalanya

Kompas.com - 14/11/2014, 13:24 WIB
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan pasar yang besar bagi Facebook. Jumlah pengguna aktif jejaring sosial ini di Tanah Air mencapai 71 juta orang tiap bulan. Dari jumlah tersebut, 63 juta di antaranya mengakses Facebook dari perangkat mobile.

Sementara dalam setiap hari di Indonesia, Facebook diakses oleh sekitar 37 juta orang. Jumlah pengguna yang mengakses Facebook dari perangkat mobile dalam satu hari mencapai 33 juta orang.

"Mobile telah mengubah segalanya, sekaligus memberikan tantangan unik bagi para pengiklan," ujar Dan Neary, Vice President Asia Pacific Facebook, dalam acara Mobile Marketing Association (MMA) Forum yang digelar di Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Tantangan yang harus dihadapi oleh mobile marketer menurut Neary antara lain bagaimana membuat aplikasi yang menarik, cookies yang kadang masih bekerja tidak sempurna, pencarian di internet yang tidak komplit, serta penggunaan banyak perangkat yang menghasilkan pencarian dan pengalaman yang berbeda-beda pula (cross device usage).

Mobile vs TV

Namun, Neary menyebut iklan mobile di Indonesia sangat berpotensi, apalagi jika dibandingkan dengan platform televisi (TV). Saat ini masih banyak uang yang mengalir untuk TV, padahal ranah mobile menjanjikan audiens yang lebih besar.

"Di Indonesia, prime time mobile itu hampir setiap saat, dari pagi hingga malam hari, sementara di TV hanya di jam-jam tertentu saja," ujar Neary.

Ditambahkan Neary, kecenderungan perilaku orang Indonesia saat ini dalam menggunakan gadget adalah multi-screening. Orang Indonesia sering melakukan satu aktivitas sambil melihat perangkat mobile mereka, sebagai contoh saat menonton TV.

Menurut data Facebook yang dibeberkan Neary, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 74 menit setiap harinya untuk menonton TV sambil melihat layar perangkat smartphone-nya. Dari perilaku tersebut, 40 persen di antaranya membicarakan apa yang mereka lihat di TV melalui jejaring sosial.

Jangan lupakan feature phone

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.