Pengguna Indosat Bisa Beli Aplikasi Android Pakai Pulsa

Kompas.com - 09/12/2014, 11:32 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bukan Telkomsel atau XL Axiata yang menjadi operator seluler pertama yang mengimplementasikan carrier billing untuk Google Play Store di Indonesia. Indosat mengumumkan pihaknya secara bertahap mulai Senin (8/12/2/14) hingga lima hari ke depan membuka fasilitas carrier billing untuk semua konsumen yang menggunakan Android.

Fungsi ini berlaku bagi semua konsumen prabayar (Mentari dan IM3) dan pascabayar (Matrix).

Fungsi carrier billing di Google Play memungkinkan pembelian konten ditagihkan ke tagihan bulanan pelanggan pascabayar atau potong pulsa langsung untuk pengguna prabayar. Hal ini memudahkan konsumen yang tidak memiliki kartu kredit untuk bisa membeli konten-konten yang diinginkan dengan mudah.

Setelah login di Google Account, pelanggan Indosat bisa masuk ke menu “Payment Option” dan memilih “Enable Indosat Billing” untuk mengaktifkan metode pembayaran carrier billing.

Yang patut ditekankan di sini, pembayaran melalui carrier billing berkonsekuensi pengenaan pajak 10 persen dari nilai yang tertera di Google Play. Misalnya suatu aplikasi berharga Rp 10.000, makanya yang dibayarkan oleh konsumen yang menggunakan metode carrier billing adalah Rp 11.000.

Konsep carrier billing di Google Play sudah digadang-gadang sejak dua tahun yang lalu, seiring dengan popularitas Android di Indonesia yang terus meroket. Sayangnya belum ada yang berhasil menggandeng Google untuk benar-benar mengimplementasikannya, sebelum akhirnya Indosat membuka jalan ini.

Penetrasi kartu kredit, yang menurut Data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) hanya 16 juta buah atau 6 persen populasi, membuat para pelaku bisnis memutar otak untuk memudahkan konsumen membelanjakan pulsanya. Penetrasi ponsel yang mencapai 112 persen dari total populasi memudahkan argumen bahwa metode carrier billing cocok digunakan di Google Play untuk konsumen Indonesia.

President Director and CEO Indosat Alexander Rusli dalam rilis persnya mengatakan “Layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play Store ini merupakan yang pertama di Indonesia, sehingga kami berharap layanan ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan untuk melakukan pembelian aplikasi, konten, game dan buku melalui telepon seluler mereka tanpa perlu menggunakan kartu kredit atau kartu debit.”

“Hadirnya layanan ini juga sebagai wujud komitmen Indosat bagi masyarakat Indonesia bahwa Indosat selalu menciptakan layanan terbaru dan inovatif serta selalu terdepan dibanding kompetitornya. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Indosat untuk menjadi Operator Telekomunikasi Pilihan bagi para pengguna smartphone,” lanjut Alex.

Disclosure: Artikel ini sebelumnya telah dimuat di DailySocial.net. DailySocial.net merupakan salah satu rekanan sindikasi konten dari KompasTekno.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X