Kompas.com - 05/01/2015, 14:46 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Nvidia Tegra X1

KOMPAS.com - Ajang eksebisi Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang tengah berlangsung di Las Vegas AS, awal tahun ini tak disia-siakan oleh Nvidia. Pabrikan tersebut memperkenalkan sebuah chip mobile baru bernama Tegra X1.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (5/1/2014), CEO Nvidia Jen-Hsun Huang menyebut Tegra X1 sebagai chip "super" karena kinerjanya yang diklaim dua kali lebih tinggi dibanding generasi terdahulu, Tegra K1.

Tegra X1 merupakan chip untuk gadget mobile pertama yang menembus kemampuan komputasi sebesar 1 teraflop. Di dalamnya tertanam pemroses grafis Maxwell yang merupakan tipe terbaru dari Nvidia.

Ketika berbicara di panggung perkenalan Tegra X1, Huang sempat mendemonstrasikan game Unreal Tournament yang dijalankan oleh chip tersebut.

Selain Tegra X1, Nvidia turut memperkenalkan modul "digital cockpit computer" bernama Drive CX. Modul yang dimotori oleh Tegra X1 ini ditujukan untuk penggunaan di industri otomotif.

Drive CX disebut mampu menjalankan 4 layar HD sekaligus, dengan resolusi total sebesar 16,6 megapixel sehingga disebut cocok untuk pemakaian di mobil yang memasang banyak layar digital.

Sejumlah hal lain terkait kegiatan mengemudi juga mampu ditangani oleh Drive CX, seperti parking assist dan adaptive cruise control.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.