Awas, Cowok Doyan "Selfie" Punya Sisi Gelap

Kompas.com - 12/01/2015, 19:16 WIB
Pengunjung memfoto dirinya sendiri (selfie) di atas setapak transparan Menara Eiffel AFP/Getty ImagesPengunjung memfoto dirinya sendiri (selfie) di atas setapak transparan Menara Eiffel
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Selfie telah menjadi tren hidup sehari-hari. Pada tahun 2013, kata "selfie" dinobatkan sebagai kata terpopuler dan tercantum dalam kamus Oxford.

Namun, siapa sangka aktivitas memotret diri sendiri ini dapat merefleksikan sisi gelap seseorang?

Hasil penelitian dari Universitas Ohio yang dilaporkan Phonearena dan dikutip KompasTekno, Senin (12/1/2015) menyatakan, laki-laki yang sering mempublikasikan foto selfie di akun media sosialnya diklasifikasikan sebagai narsis dan berkemungkinan psikopat.

Sebanyak 800 laki-laki "doyan selfie" dengan rentang usia 18 hingga 40 tahun dijadikan objek dalam penelitian ini dan secara terkonfirmasi masuk dalam kategori anti sosial.

Selain itu, cowok yang gemar selfie dan mengedit fotonya sebelum diunggah juga dikategorikan sebagai self-objectification, yaitu kecenderungan menilai diri hanya dari penampilannya.

Perilaku self-objectification ini cenderung membuat seseorang susah makan dan depresi. Data menunjukkan tingginya tingkat self-objectification berbanding lurus dengan keseringan mempublikasikan foto selfie.

Namun, penelitian ini belum berakhir pada kesimpulan mutlak. Kita belum dapat menggeneralisasikan dan memastikan bahwa semua pria yang gemar selfie adalah psikopat walaupun data menunjukkan kecenderungan yang besar untuk perilaku anti sosial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.