Kompas.com - 17/01/2015, 09:06 WIB
Smartphone Android Advan Barca. Didit Putra Erlangga Rahardjo/KOMPASSmartphone Android Advan Barca.
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Advan Barca adalah produk yang lahir dari kerja sama produsen ponsel dalam negeri, Advan, dengan klub sepakbola Barcelona dengan spesifikasi yang bisa bersaing dengan ponsel premium lainnya di pasaran.

Dua varian dari seri tersebut yakni ponsel 5 inci dan perangkat tablet berlayar 7 inci memiliki prosesor delapan inti (octa-core) dengan sistem operasi Android versi Kitkat dan dijual dengan harga Rp 2 juta.

Advan seri ini memiliki badan metalik meski tidak terlalu licin sewaktu digenggam, layar dengan resolusi 1280x720 piksel berteknologi in plane switching juga membuat pengguna bisa memandang isi layar dari berbagai sudut.

Didit Putra Erlangga Rahardjo/KOMPAS
Tablet Android Advan Barca 7 inci.
Prosesor buatan Mediatek memungkinkan fitur HotKnot atau transfer file berkecepatan tinggi antarponsel yang memiliki fitur yang sama, caranya dengan mempertemukan layar dua perangkat dan dalam waktu singkat file pun berpindah.

Sama-sama memiliki RAM sebesar 1 GB dan penyimpanan internal 8 GB, Advan Barca 5 inci memiliki prosesor berkecepatan 1,4 GHz dan baterai berkapasitas 2.300 mAh sementara Advan Barca 7 inci memiliki prosesor berkecepatan 1,7 Ghz dan baterai 3.000 mAh.

Perbedaan yang tipis juga terlihat pada bagian kamera, Advan Barca 7 inci memiliki lensa setajam 8 megapiksel di belakang dan 5 megapiksel di depan sementara Advan Barca 5 inci sama-sama memiliki 8 megapiksel di bagian depan maupun belakang.

Kamera di Advan Barca 5 inci adalah penggunaan sensor milik Sony IMX 219 yang memiliki fitur video berkecepatan tinggi sehingga gambar bisa bergerak pelan, serta mengambil gambar dengan jangkauan dinamis tinggi (HDR).

Kompas berkesempatan untuk mencoba Advan Barca 7 inci beberapa jam sewaktu Advan menggelar jumpa pers di kawasan Meruya, Jakarta Barat.

Untuk perangkat seharga Rp 2 juta, Advan Barca tidak mengecewakan dari segi spesifikasi karena layarnya cukup responsif dan kencang dalam menjalankan berbagai aplikasi. Saat mengambil gambar lewat aplikasi kamera pun bisa dilakukan dengan kencang meski gambar di dalam ruangan masih terlihat seperti berpasir.

Didit Putra Erlangga Rahardjo/KOMPAS
Tablet Android Advan Barca 7 inci.
Sewaktu dijajal dengan aplikasi pembanding AnTuTu Benchmark, Advan Barca 7 inci merampungkan tes dengan hasil 32.703 dengan posisi di atas ponsel seperti Redmi Note, HTC One, atau Asus Zenfone 5 tapi di bawah LG G3 atau Google Nexus 5.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X