Kompas.com - 30/01/2015, 13:14 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Apple mencatat angka penjualan ponsel pintar iPhone sebanyak 74,5 juta unit dalam laporan keuangan kuartal pertama tahun fiskal 2015 yang berakhir Desember tahun lalu.

Angka yang berujung pada raihan laba sebesar 18 miliar dollar AS itu kabarnya juga lebih besar dibandingkan jumlah smartphone yang dijual Samsung dalam periode tersebut.

Artinya, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Mashable, Jumat (30/1/2015), Apple kini telah menjadi pabrikan smartphone terbesar di dunia, "menyalip" Samsung yang sebelumnya memegang predikat itu.

Samsung sendiri tidak menjelaskan berapa persisnya jumlah smartphone yang terjual pada kuartal tersebut. Namun, perusahaan asal Korsel itu mengungkapkan bahwa dari 95 juta perangkat mobile bikinannya yang dikapalkan pada kuartal yang sama, 70 persen (sekitar 67 juta unit) merupakan smartphone.

Ada perbedaan istilah yang dipakai kedua perusahaan menyangkut unit penjualan. Samsung memakai istilah "pengkapalan" (shipment) yang berarti angka penjualan sebenarnya mungkin lebih rendah.

Di sisi lain, Apple memakai istilah "terjual" (sold) untuk iPhone sebanyak 74,5 juta. Tapi sejumlah analis berpendapat bahwa istilah "sold" yang dipakai Apple sedikit menyesatkan karena sebenarnya mengacu pada angka pengkapalan produk, bukan jumlah yang sampai ke tangan konsumen.

Strategy Analytics melansir laporan yang sedikit berbeda. Menurut lembaga riset pasar ini, baik Apple maupun Samsung sama-sama menjual smartphone sebanyak 74,5 juta unit pada kuartal tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angka tersebut, masih menurut Strategy Analytics, banyak berubah dari tahun sebelumnya, di mana Samsung menjual 86 juta unit smartphone sementara Apple terpaut cukup jauh dengan angka penjualan 51 juta unit. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.