Kompas.com - 30/04/2015, 10:55 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selain jari, telinga sering bersentuhan dengan ponsel ketika dipakai menelepon. Lalu, kenapa tidak memakai bagian tubuh yang satu itu sebagai sistem identifikasi macam fingerprint scanner?

Inilah yang sedang dikembangkan oleh Yahoo. Menurut laporan BBC yang dirangkum Kompas Tekno, Kamis (30/4/2015), perusahaan tersebut tengah mencari cara untuk menggunakan telinga sebagai sistem pengaman dan pembuka kunci ponsel.

Caranya adalah dengan memakai layar sentuh ponsel modern sebagai alat pemindai untuk menganalisis bentuk telinga, seperti yang biasa dilakukan sensor sidik jari.

“Permukaannya (layar sentuh) lebar sehingga bisa digunakan untuk memindai bagian tubuh seperti telinga, jari, genggaman tangan, dan telapak tangan dengan cara ditekan ke layar,” kata tim peneliti Yahoo Labs.

Tingkat akurasi metode yang bernama “Bodyprint” ini disebutkan mencapai 99,8 persen. Selain telinga, pola genggaman tangan pengguna saat memegang ponsel pun bisa digunakan sebagai pengaman.

Yahoo kini sedang melakukan pengujian Bodyprint dengan beberapa orang sukarelawan.

Selama ini sebenarnya sudah banyak beredar metode sekuriti berbasis sidik jari, Namun, pengaman fingerprint membutuhkan sensor resolusi tinggi sehingga aplikasinya terbatas pada ponsel kelas tertentu saja.

“Lantaran harganya yang mahal, pemindai sidik jari terbatas hanya ditemukan pada ponsel kelas atas. Sensornya membutuhkan resolusi dan kualitas yang tinggi,” tulis tim peneliti Yahoo.

Dalam beberapa kasus, pemindai sidik jari juga tak sepenuhnya aman karena rentan diretas seperti yang belakangan dilaporkan terjadi pada smartphone Samsung Galaxy S5.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.