Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2015, 19:20 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu -- yang artinya sudah lewat beberapa hari namun belum terlalu lama juga -- awak redaksi Kompas.com diseret ke alam liar lewat sebuah perjalanan bertajuk "outbond".

Pernah dengar dong makhluk yang namanya outbond ini? Hampir semua perusahaan saya kira punya kebiasaan mencemplungkan karyawannya ke kegiatan semacam ini. Dengan reaksi yang beragam dari para peserta, tentu saja.

Nah, saat menjalankan kegiatan yang satu ini, dibentuklah tim-tim untuk melakukan kegiatan outbond. Tim yang tak lebih dari selusin orang anggotanya. Setiap individu lalu diminta memilih sendiri nama julukan, yang harus merupakan nama binatang dengan huruf awal sama dengan nama panggilannya.

Maka untuk beberapa saat, "manusia" itu berubah menjadi "binatang". Panggilan yang biasanya hanya muncul saat marah (atau ketika bercanda, bagi yang sudah sangat akrab) menjadi sapaan biasa.

Iya, yang saya maksud adalah panggilan seperti: Anjing, Monyet, Sapi, dan seterusnya. Singkat kata: isi kebun binatang lah!

Untuk beberapa saat pula, muncul di kepala imaji-imaji dari masa kanak-kanak. Ketika manusia berkostum binatang berperan di sebuah panggung dengan tata lampu seadanya. Yah, boleh dibilang gambaran dongeng ala Sanggar Cerita lah.

Bersamaan dengan gambaran dongeng binatang ala Sanggar Cerita muncul sebuah pertanyaan yang lebih ekstrim: siapkah kita untuk hidup seperti binatang?

Menuju alam liar

Tersirat dalam kebinatangan nama itu adalah panggilan untuk mendekatkan diri pada alam liar. Selama beberapa waktu kami -- para peserta outbond -- diharapkan untuk menanggalkan kenyamanan urban dan menjadi liar.

Ya, tentunya bukan liar seliar-liarnya, tetapi meninggalkan sejenak kenyamanan sehari-hari seperti ponsel, koneksi internet, dan kasur nyaman untuk tidur di malam hari.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.