Tiongkok Punya Mesin ATM dengan Pengenal Wajah

Kompas.com - 02/06/2015, 10:34 WIB
Ilustrasi mesin ATM Fabian Januarius Kuwado/ KOMPAS.COMIlustrasi mesin ATM
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Tiongkok menjadi negara pertama yang memperkenalkan teknologi pengenal wajah dalam mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Pada Jumat (29/5/2015) lalu, sebuah tim yang terdiri atas sebuah universitas dan perusahaan teknologi di Tiongkok memperkenalkan mesin ATM dengan teknologi pengenal wajah (facial recognition).

Mesin ATM baru buatan Tsinghua University dan Tzekwan Technology tersebut memiliki kamera yang akan merekam foto wajah dan membandingkannya dengan foto identitas untuk verifikasi.

Teknologi pengenal wajah ini akan menjadi lapisan pengaman identitas selain password atau PIN yang dibutuhkan untuk melakukan tarik tunai dengan kartu ATM.

Mesin ATM ini juga bisa terhubung dengan bank atau kantor polisi untuk menambah keamanan.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (1/6/2015), selain teknologi pengenal wajah, mesin ATM ini juga memiliki fitur anti-penipuan dan diklaim memiliki penanganan kerja yang lebih cepat.

ATM-ATM di Tiongkok saat ini memang masih bergantung pada teknologi impor, namun mesin ATM baru ini diklaim menggunakan teknologi asli buatan Tiongkok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.