4G Tahap Dua, Indosat Ajukan Balikpapan

Kompas.com - 17/06/2015, 11:18 WIB
Presiden Direktur dan CEO Indosat Alexander Rusli bersama petinggi Indosat pada peluncuran layanan Indosat 4G LTE di Jakarta, Senin (22/12/2014). Oik Yusuf/KOMPAS.comPresiden Direktur dan CEO Indosat Alexander Rusli bersama petinggi Indosat pada peluncuran layanan Indosat 4G LTE di Jakarta, Senin (22/12/2014).
|
EditorReza Wahyudi
SEMARANG, KOMPAS.com - Penyelenggaraan layanan teknologi telekomunikasi generasi ke empat (4G) di Indonesia tahap kedua, yakni di frekuensi 1.800 Mhz, saat ini sedang dalam masa penataan jaringan di beberapa cluster.

Setelah penataan di suatu cluster tersebut selesai, maka operator seluler di Indonesia bebas untuk melakukan komersialisasi 4G 1.800 Mhz di cluster tersebut.

Menurut PT Indosat, pemerintah ingin agar komersialisasi di jaringan 1.800 Mhz ini dilakukan secara serentak dengan dua operator lainnya, yaitu PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata.

Namun demikian, walau waktu pelaksanaannya sama, area cluster yang akan dikomersialisasi boleh berbeda-beda.

"Pemerintah minta operator bareng-bareng, tapi areanya boleh berbeda-beda," demikian kata Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat kepada KompasTekno di sela acara uji jaringan Indosat di Pekalongan, Selasa (16/6/2015).

Indosat sendiri menyebut kota Balikpapan sebagai kota pertama yang diusulkan ke pemerintah untuk digelar uji layak operasi (ULO) layanan 4G 1.800 MHz.

"Kami usulkan di Balikpapan, namun uji laik operasi (ULO)-nya kan belum tentu diizinkan pemerintah, kami masih menunggu," kata Joko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sesuai dengan rencana pemerintah, komersialisasi LTE di frekuensi 1.800 MHz akan dilakukan pada awal Juli mendatang secara serentak oleh tiga operator.

Saat ini, menurut Joko, masing-masing operator masih menunggu waktu untuk melakukan ULO di kota-kota yang diusulkan.

Sebagaimana diketahui, Indosat saat ini telah menggelar layanan 4G LTE secara komersil di kota seperti Jakarta, Bandung, dan Bali. Namun, layanan LTE ini berjalan di frekuensi 900 MHz.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.