Google Gunakan Robot Pengendus Android Lelet

Kompas.com - 30/06/2015, 09:56 WIB
Chrome Touchbot GoogleChrome Touchbot
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google punya cara unik untuk menguji tingkat responsivitas layar di perangkat Android. Tidak menggunakan manusia, raksasa internet tersebut memanfaatkan robot untuk pengujian penurunan kinerja atau "lag" tersebut.

Di awal kemunculannya, seperti KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Senin (29/6/2015), banyak orang yang mengeluhkan terjadinya gejala lag di perangkat mereka.

Sekadar gambaran, yang dimaksud lag adalah ketika respon layar lebih lambat dari saat pengguna menyentuh layar.

Saat ini, waktu responsivitas layar tersebut tentunya sudah sangat membaik ketimbang dulu. Hal tersebut bisa terjadi berkat pengujian yang dilakukan robot buatan perusahaan asal Finlandia, OptoFidelity.

Menurut karyawan Google bernama Francois Beaufort dalam akun Google+ miliknya, robot yang dinamakan Chrome Touchbot ini mampu mengukur tingkat latency di perangkat Android dan ChromeOS.

Cara kerja robot ini cukup unik. Selama pengujian, ia terus menerus melakukan hal yang biasa dilakukan manusia di bagian layar, seperti menekan dan menggeser (swipe).

Kemudian, robot ini mampu menunjukkan bagian mana, baik itu hardware maupun coding, yang menjadi sumber masalah lag tersebut.

Saat ini, meski banyak produk berbasis Android yang dilengkapi spesifikasi tinggi, gejala lag masih kerap ditemui. Dengan terus dioperasikannya Chrome Toucbot, diharapkan masalah lag tersebut sudah bisa diatasi di masa yang akan datang.

Video pengujian menggunakan Touchbot bisa dilihat melalui tautan berikut ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X