Kompas.com - 10/07/2015, 19:09 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah ada yang berhasil menjalankan sistem oeprasi PSX dan Mac II dalam peranti Android Wear, kini salah seorang anggota forum XDA Developers berhasil memasang sistem operasi Windows 7 dalam perangkat Android Asus Zenfone 2.

Pengguna dengan akun "ycavan" tersebut berbaik hati membagi di forum XDA, cara agar Windows 7 bisa berjalan dalam smartphone Android.

Dikutip KompasTekno dari SlashGear, Jumat (10/7/2015), Windows 7 bisa dijalankan dalam Zenfone 2 berkat prosesor yang diusungnya, yaitu buatan Intel.

Dengan arsitektur x86/x64 yang dimiliki chip Intel, Windows 7 lebih mungkin dijalankan ketimbang dengan prosesor buatan ARM yang banyak dipakai oleh smartphone dan tablet di pasaran.

Dengan arsitektur x86/x64 Intel, sistem operasi non-Android bisa berjalan dengan lebih mudah dan lebih kencang dibanding saat dipasang di perangkat non-Intel, dalam kondisi yang sama.

Proses pemasangan Windows 7 dalam Asus Zenfone 2 juga disebut tidak terlalu susah. Perangkat sebagaimana mestinya, harus di-root terlebih dahulu. Kernel Linux tertentu juga perlu di-flash ke dalam perangkat.

Dalam beberapa kasus, pengguna juga harus mengetik dan menjalankan perintah-perintah tertentu.

Akun "ycavan" mengatakan bahwa Windows 7 bukanlah OS ringan yang bisa dijalankan dengan mudah, karena pada dasarnya ia berjalan dalam mesin virtual yang berjalan di Android.

Langkah yang sama juga dikatakan "ycavan" bisa diaplikasikan utnuk sistem operasi Microsoft lainnya, yaitu Windows 8 atau bahkan Windows 10. Namun jangan harap bisa berjalan dengan normal.

Berikut video cara pemasangan WIndows 7 dalam Zenfone 2:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SlashGear


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.