Kompas.com - 13/07/2015, 15:33 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, mempunya sebuah tradisi. Pada momen ini, masyarakat yang merayakan hari raya secara serentak pulang ke daerahnya masing-masing atau biasa dikenal dengan istilah mudik.

Perjalanan pulang kampung sekarang ini tentunya sudah jauh berubah ketimbang beberapa tahun belakangan. Selain pemerintah sudah membuat beberapa jalur baru, kemajuan teknologi telah membuat mudik semakin nyaman.

Belakangan ini sudah hadir berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk perjalanan mudik. Beberapa aplikasi juga bisa digunakan untuk memudahkan urusan pulang kampung itu.

Berikut beberapa daftar aplikasi yang masuk ke kriteria tersebut:

1. Waze dan Google Maps

Andorid Community Aplikasi Waze di perangkat Android
Sebagai aplikasi peta, Waze dan Google Maps bisa digunakan untuk melihat peta suatu wilayah. Dengan memanfaatkan GPS yang ada di smartphone, kedua aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk menunjukkan arah.

Tidak itu saja, Waze dan Google Maps bisa dipakai untuk melihat kepadatan suatu wilayah. Tingkat kepadatan dibagi dalam berbagai warna, hijau untuk lancar, jingga untuk lumayan padat, dan merah untuk sangat padat.

Perbedaan di antara keduanya, data yang ditampilkan oleh Waze lebih lengkap. Mengandalkan data dari komunitas, pengguna Waze bisa melihat data kemacetan, jalanan rusak, hingga kecelakaan di suatu lokasi.

Baik Waze maupun Google Maps bisa diunduh di Android dan iOS. Berikut tautan untuk mengunduhnya:
Waze Android
Google Maps Android
Waze iOS
Google Maps iOS

2. iBolZ NTMC TV

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.