Kompas.com - 14/08/2015, 13:24 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

NEW YORK, KOMPAS.com - Sesuai bocoran yang beredar sebelumnya, Samsung ternyata memang ikut meluncurkan aksesoris berupa papan ketik "QWERTY" untuk duet phablet terbaru Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge.

Keyboard fisik ini memungkinkan pengguna kedua perangkat untuk memperoleh pengalaman mengetik yang berbeda dibandingkan keyboard virtual pada umumnya ponsel touchscreen.

Ketika KompasTekno menjajalnya pada sesi briefing sebelum peluncuran Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus, Rabu (12/8/2015), aksesoris keyboard ini tampak terdiri dari dua bagian, yakni bagian belakang serupa casing yang berfungsi sebagai dudukan tempat memasang keyboard dan unit papan ketik yang menutupi setengah layar.

"Antarmuka di layar secara otomatis akan menyesuaikan ukuran begitu keyboard terpasang. Jadi, bagian yang tertutup tidak dipakai untuk keperluan apapun oleh pengguna," terang Direktur Pemasaran Produk Samsung AS, Drew Blackard.

Aksesoris keyboard ini juga tidak tersambung ke gadget melalui kabel atau koneksi wireless (Bluetooth). Blackard menerangkan bahwa sambungan tidak diperlukan karena baik Galaxy Note 5 maupun S6 Edge Plus memiliki kemampuan untuk mendeteksi aksesoris casing yang terpasang, lalu secara otomatis menjalankan fungsi yang sesuai.

Dalam hal ini, aksesoris casing QWERTY memberikan input ke gadget lewat mekanisme capacitive touch. Sama dengan ketika pengguna memakai keyboard virtual, hanya saja deretan tombol di layar dilapis dengan tombol fisik.

"Dengan demikian, aksesoris keyboard ini tidak memboroskan baterai perangkat," tambah Blackard. Sejauh ini belum ada informasi jadwal ketersediaan atau harga untuk casing papan ketik Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.