Kompas.com - 07/10/2015, 10:03 WIB
Perangkat MiFi 4G Smartfren Andromax M2s besutan LG Innotex. SmartfrenPerangkat MiFi 4G Smartfren Andromax M2s besutan LG Innotex.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
SEOUL, KOMPAS.com - Smartfren Telecom punya harapan yang tinggi akan lini produk mobile router atau MiFi 4G LTE miliknya. Operator seluler tersebut berharap, perangkat-perangkat miliknya setidaknya mampu menyamai rekor penjualan "dongle".

Yang dimaksud dengan dongle adalah modem berbentuk flash disk, yang bisa dihubungkan ke komputer melalui port USB.

"Kita berharap bisnis MiFi (Smartfren) bisa mengulang sejarah dongle pada tahun 2011 hingga 2012 lalu yang mencapai dua juta unit," kata Arya Mada Prasaja, Data & IoT Devices Section Head Smartfren Telecom kepada KompasTekno di Seoul, Korea Selatan, Selasa (6/10/2015).

Meskipun begitu, Smartfren tidak mau terlalu ngotot untuk mengejar impian tersebut. Pasalnya, pasar untuk perangkat MiFi sendiri diketahui sudah tidak setinggi tiga hingga empat tahun lalu.

"Tapi MiFi pasarnya sudah tidak segitu (dua juta unit per tahun seperti dongle), tapi kita lihat nanti," ujar Direktur Smartfren Telecom Roberto Saputra.

Sulit untuk diraih, bukan berarti membuat Smartfren menyerah mengejar impian tersebut. Operator yang besar di dunia CDMA ini memiliki berbagai strategi.

Salah satunya adalah dengan membanjiri pasar MiFi di Indonesia. Saat ini, Smartfren bakal memasarkan setidaknya 800.000 unit MiFi, yang digarap oleh tiga perusahaan.

Secara mendetail, menurut Arya, perusahaan tersebut telah memesan 450.000 unit MiFi dari Haier, 100.000 unit dari Huawei, dan 250.000 unit dari LG Innotek.

Selain itu, Smartfren dikatakan sedang berupaya menghadirkan MiFi baru yang telah mendukung Cat 6. Itu artinya, perangkat tersebut bakal memiliki teknologi carrier aggregation dan kecepatan unduh hingga 300 Mbps.

Sekadar informasi, carrier aggregation merupakan teknologi yang dapat menggabungkan dua frekuensi yang berbeda atau menjalankan dua frekuensi tersebut dalam waktu yang bersamaan. Biasanya, teknologi ini dapat mengizinkan operator untuk meraih coverage sinyal yang luas, sekaligus kecepatan internet yang tinggi.

Apabila sudah dirilis nanti, MiFi 4G LTE Cat 6 tersebut akan diposisikan di kelas premium.

Saat ini, perangkat MiFi milik Smartfren yang ada saat ini paling tinggi baru mendukung Cat 4. Modem dengan tipe tersebut dikatakan akan diletakkan satu kelas di bawah Cat 6.

"Bisa dibilang untuk pasar entry user itu menggunakan MiFi dengan teknologi Cat 4 dan Cat 6 yang premium," pungkas Arya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.