Kompas.com - 09/10/2015, 12:07 WIB
AWS Re:Invent 2015, Las Vegas, AS. AWS Re:Invent 2015, Las Vegas, AS.AWS Re:Invent 2015, Las Vegas, AS.
|
EditorReza Wahyudi

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Lima tahun dari sekarang dunia bakal memasuki era Internet of Things (IoT). Setidaknya itu yang diprediksi oleh para pakar teknologi.

Di era itu, semua benda akan saling terhubung. Manusia berperan sebagai subjek yang mengontrol benda-benda di sekelilingnya lewat aplikasi internet.

Untuk mengimplementasikan konsep itu, dibutuhkan integrasi yang mumpuni antara layanan internet, penyimpanan data dan objek fisik (mobil, sensor, lampu, perabot rumah tangga).

Pada Kamis (8/10/2015), Amazon Web Services (AWS) meluncurkan fitur teranyar bertajuk "AWS IoT" untuk mempermudah integrasi tersebut.

"AWS IoT memungkinkan keseluruhan ekosistem vendor, penyedia internet dan pengembang aplikasi untuk terkoneksi dengan cloud sehingga pengembangan produk dan analisis data bisa lebih mudah," kata CTO Amazon Werner Vogels pada rangkaian konferensi "Re:Invent 2015", Las Vegas, AS yang dihadiri jurnalis KompasTekno, Fatimah Kartini.

Koneksi antar miliaran perangkat dengan triliunan arus pesan, kata Vogels, mampu diakomodir oleh AWS IoT.

Dengan begitu, vendor cukup mengatur interaksi seperti apa yang hendak dibangun antara satu perangkat dengan perangkat lainnya, serta antara perangkat dengan aplikasi yang dijalankan manusia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mempermudah analisis data perangkat, AWS IoT punya fitur yang disebut "Shadow". Fitur tersebut mampu merekam kondisi perangkat agar aplikasi yang menjalankannya bisa menghimpun data untuk analisa lebih lanjut.

Saat perangkat offline, Shadow tetap bisa bekerja. Saat ini, AWS IoT masih dalam bentuk beta. Versi finalnya akan tersedia beberapa minggu mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.