Buruh Pabrik Mobil Dibekali dengan Kacamata Pintar

Kompas.com - 26/11/2015, 13:14 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah melewati tiga bulan pengujian, perusahaan otomotif Volkswagen memutuskan untuk mempersenjatai buruh pabriknya dengan kacamata berbasis augmented reality.

Nantinya, sekitar 30 karyawan logistik di salah satu pabrik di wilayah Wolfsburg akan memakai perangkat wearable tersebut untuk urusan pekerjaan.

"Digitalisasi menjadi penting dalam hal produksi. Kacamata pintar 3D (augmented reality) membawa kerja sama antara manusia dan sistem ke tingkatan baru," ujar Reinhard de Vries, Head of Plant Logistic pabrik Volkswagen di Wolfsburg, Jerman.

Menurut Volkswagen, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Cnet, Kamis (26/11/2015), perangkat kacamata yang tidak disebutkan namanya ini akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan karyawan.

Kacamata ini akan menampilkan informasi seperti lokasi atau rak penyimpanan dan juga part number dari sebuah barang. Dengan cara seperti ini, si karyawan sudah tidak perlu mengingat atau mencatat kedua informasi tersebut.

Perangkat wearable itu juga bisa digunakan sebagai pemindai barcode. Untuk meyakinkan bahwa pengguna mengambil barang yang benar, kacamata akan membaca barcode dan menampilkan warna merah atau hijau.

Jika berwarna merah, berarti pengguna mengambil barang yang salah. Jika benar, layar akan menampilkan warna hijau.

Kacamata itu sendiri bisa dikontrol menggunakan sentuhan atau perintah suara.

Untuk ke depannya, Volkswagen berencana untuk mempersenjatai karyawan di pabrik lain dengan kacamata berbasis augmented reality ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.