Pemenang Tender Palapa Ring Paket Barat Diumumkan Minggu Ini

Kompas.com - 20/01/2016, 11:34 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mengumumkan pemenang tender proyek Palapa Ring II untuk wilayah barat pada minggu ini.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Menteri komunikasi dan Informatika Rudiantara, seusai meresmikan Pusat Inovasi Kominfo - Huawei di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

"Minggu ini, akan diumumkan siapa pemenangnya untuk paket barat," ujar Rudiantara kepada KompasTekno.

Proyek Palapa Ring II untuk wilayah barat menurut Rudiantara bisa lebih cepat diimplementasikan karena sebagian besar menggunakan jaringan kabel optik bawah laut.

Sementara untuk wilayah timur, seperti di Papua, pemerintah harus memasuki pedalaman untuk menghubungkan semua kabupaten dan kotamadya dengan jaringan internet.

Seperti diketahui, proyek pengerjaan Palapa Ring II ini dibagi menjadi tiga paket, yakni Paket Barat, Paket Tengah, dan Paket Timur.

Untuk pengerjaan di Paket Barat, peserta tender terdiri atas lima perusahaan, yaitu konsorsium yang dibentuk antara Indosat Ooredoo dengan XL Axiata, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk., Konsorsium Super Sistem Ultime-Huawei, Konsorsium Mora Telematika Indonesia-Ketrosden Triasmitra, dan PT iForte Solusi Infotek.

Paket Barat akan membentangkan kabel optik laut sepanjang 1.122 kilometer dengan estimasi dana mencapai 40,39 juta dollar AS (sekitar Rp 560 miliar).

Begitu selesai, Palapa Ring II akan menjadi tulang punggung internet pita lebar bagi 33 propinsi di Indonesia.

Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa proyek Palapa Ring II ini ditargetkan selesai pada 2018 nanti.

"Proyek ini sudah direncanakan sejak 10 tahun lalu, saya yakin proyek ini akan tetap berjalan dengan baik," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.